PENGARUH LATIHAN PASSING BERVARIASI POSISI TETAP DAN BERUBAH TERHADAP HASIL AKURASI SHORT PASSING SISWA KU-14 SSB APACINTI TAHUN 2015


Wahyu Nugroho, 6301411003 (2015) PENGARUH LATIHAN PASSING BERVARIASI POSISI TETAP DAN BERUBAH TERHADAP HASIL AKURASI SHORT PASSING SISWA KU-14 SSB APACINTI TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301411003-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Passing merupakan salah satu teknik dasar bermain sepakbola. Untuk meningkatkan kemampuan passing, variasi latihan yang bisa dikembangkan yaitu latihan passing bervariasi posisi tetap dan latihan passing bervariasi posisi berubah. Permasalahan: 1) Apakah ada pengaruh latihan passing bervariasi posisi tetap terhadap akurasi short passing?, 2) Apakah ada pengaruh latihan passing bervariasi posisi berubah terhadap akurasi short passing?, 3) Mana yang lebih baik antara latihan passing bervariasi posisi tetap atau passing bervariasi posisi berubah terhadap akurasi short passing pada siswa KU-14 SSB APACINTI Semarang tahun 2015?. Tujuan: untuk mengetahui ketiga permasalahan di atas. Metode penelitian dengan eksperimen pola M-S. Data diambil melalui pre test dan post test. Populasi menggunakan siswa SSB APACINTI Pos Bergas berjumlah 60 siswa dan sampel sebanyak 20 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah latihan passing bervariasi posisi tetap dan latihan passing bervariasi posisi berubah, serta variabel terikat adalah akurasi short passing. Instrumen tes dengan passing bola ke sasaran dengan validitas 0.744 dan reliabilitas 0.888. Analisis data menggunakan t test rumus pendek dengan signifikansi 5% dan db = 9. Hasil penelitian : 1) Pada kelompok eksperimen I nilai thitung = 1.66 < ttabel = 2,36 ini berarti tidak ada pengaruh yang signifikan,2) Pada kelompok eksperimen II nilai t hitung = 8,33 > ttabel = 2.26 ini berarti ada pengaruh yang signifikan, 3) rata rata kelompok eksperimen II (6,7) > kelompok eksperimen I (5,8) ini berarti metode latihan passing bervariasi posisi berubah lebih baik daripada metode latihan passing bervariasi posisi tetap. Simpulan : 1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara latihan passing bervariasi posisi tetap terhadap akurasi short passing, 2) ada pengaruh yang signifikan antara latihan passing bervariasi posisi berubah terhadap akurasi short passing, 3) latihan passing bervariasi posisi berubah lebih baik daripada latihan passing bervariasi posisi tetap terhadap akurasi short passing siswa KU-14 SSB APACINTI Semarang tahun 2015. Saran: bagi pelatih sepakbola SSB APACINTI Semarang untuk meningkatkan akurasi short passing dapat menggunakan latihan passing bervariasi posisi berubah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Passing, Bervariasi Tetap, Berubah.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:11
Last Modified: 10 Nov 2015 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20769

Actions (login required)

View Item View Item