PENGARUH LATIHAN SERVICE BERTAHAP DENGAN METODE LANGSUNG DAN METODE TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN HASIL SERVICE (Study eksperimen pada petenis pemula klub tenis Loyola College Semarang tahun 2015)


Muhammad Arif Budi Raharjo, 6301411023 (2015) PENGARUH LATIHAN SERVICE BERTAHAP DENGAN METODE LANGSUNG DAN METODE TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN HASIL SERVICE (Study eksperimen pada petenis pemula klub tenis Loyola College Semarang tahun 2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301411023-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan: 1) Apakah ada pengaruh latihan service bertahap dengan metode langsung terhadap kemampuan hasil service? 2.) Apakah ada pengaruh latihan service bertahap dengan metode tidak langsung terhadap kemampuan hasil service ? 3.) Manakah yang lebih baik antara latihan service bertahap dengan metode langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan hasil service? Penelitian menggunakan metode eksperimen pola M-S. Populasi menggunakan petenis klub tenis Loyola College Semarang tahun 2015 berjumlah 26 pemain dan sampel sebanyak 12 pemain diambil dengan teknik purposive random sampling. Variabel bebas adalah latihan service bertahap metode langsung dan tidak langsung,variabel terikat adalah kemampuan hasil service. Istrumen tes menggunakan The Hewitt’s Tennis Achievement Test (the Hewitt service placement tennis test) dengan tingkat validitas 0,72 dan reliabilitas 0,94. Analisis data menggunakan t-test rumus pendek dengan signifikansi 5 % dan db = 5. Hasil penelitian : 1) nilai t hitung = 9,52 > t tabel = 2,57 ini berarti ada pengaruh yang signifikan, 2) nilai t hitung = 0,98 < t tabel =2,57 ini berarti tidak ada pengaruh yang signifikan, 3) rata-rata kelompok eksperimen 12,17 > kelompok kontrol 8,67 ini berarti latihan service bertahap dengan metode langsung lebih baik daripada metode tidak langsung. Simpulan : 1) ada pengaruh yang signifikan antara latihan service bertahap dengan metode langsung terhadap kemampuan hasil service, 2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara latihan service bertahap dengan metode tidak langsung terhadap kemampuan hasil service, 3) latihan service bertahap dengan metode langsung lebih baik daripada metode tidak langsung terhadap kemampuan hasil service. Saran : 1) Bagi pelatih, atlet maupun mahasiswa dalam usaha meningkatkan kemampuan service pada petenis pemula sebaiknya dilakukan dengan latihan service bertahap dengan metode langsung. 2) Bagi pelatih hendaknya memberikan program secara berimbang antara latihan teknik dan latihan fisik dalam meningkatkan kemampuan service. 3) Latihan service bertahap dengan metode tidak langsung dapat digunakan sebagai refrensi pelatih dalam melatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan, Langsung, Tidak Langsung, Service
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:08
Last Modified: 10 Nov 2015 19:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20766

Actions (login required)

View Item View Item