FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM MENGAJUKAN PROPOSAL PKM


Nurlaili Rachma R , 5401409012 (2015) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM MENGAJUKAN PROPOSAL PKM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401409012-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PKM ditujukan sebagai wadah untuk menampung minat, bakat serta pengetahuan mahasiswa yang lebih beragam (Buku Pedoman PKM 2012). Data statistik jumlah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang mengajukan PKM, berturut-turut tahun 2010-2012 diikuti oleh 15, 94, 59 dan 27 mahasiswa. Data statistik jumlah usulan PKM yang diterima dan didanai pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, berturut- turut tahun 2010-2012 yaitu 3, 14, dan 5 usulan PKM. Motivasi mahasiswa dalam mengusulkan atau mengajukan proposal PKM kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor-faktor baik dari dalam diri mahasiswa (intrinsik) maupun lingkungan sekitar (ekstrinsik). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor intrinsik yang menyebabkan rendahnya motivasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dalam mengajukan proposal PKM dan untuk mengetahui faktor-faktor ekstrinsik yang menyebabkan rendahnya motivasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dalam mengajukan proposal PKM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif angkatan 2011-2013 Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, yang terdiri dari 2 (dua) prodi, Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang terbagi menjadi dua konsentrasi, yaitu konsentrasi Tata Boga (S1) dan konsentrasi Tata Busana (S1), dan Prodi Pendidikan Tata Kecantikan (S1) dengan sampel sebanyak 195 mahasiswa. Variabel yang diteliti meliputi faktor motivasi intrinsik dan faktor motivasi ekstrinsik. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskripstif persentase. Hasil penelitian menunjukkan faktor intrinsik yang paling banyak menjadi faktor penyebab rendahnya motivasi mahasiswa jurusan PKK angkatan 2011- 2013 dalam mengajukan proposal PKM yaitu indikator perhatian dengan persentase sebesar 64%. Faktor ekstrinsik yang paling banyak menjadi faktor penyebab rendahnya motivasi mahasiswa jurusan PKK angkatan 2011-2013 dalam mengajukan proposal PKM yaitu kebutuhan penghargaan dengan persentase sebesar 66%. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengajukan proposal PKM. Namun demikian, mahasiswa masih memberikan respon negatif dengan tidak mengikuti pengajuan proposal PKM. Faktor perhatian dan kebutuhan penghargaan merupakan faktor penyebab rendahnya motivasi mahasiswa dalam mengajukan proposal PKM. Jumlah mahasiswa PKK yang mengajukan proposal PKM adalah rendah dibandingkan ratio di Jurusan Fakultas Teknik UNNES. Kejelian atau perhatian mahasiswa yang rendah pada mata kuliah yang telah ditempuh, dapat membuat ide kreatif mahasiswa terfokus pada ide-ide mata kuiah praktik saja. Selain itu, mahasiswa merasa tidak mendapatkan informasi, dapat disebabkan kurangnya kejelian dan perhatian mahasiswa PKK terhadap informasi yang telah diberikan oleh pihak UNNES secara optimal. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Mahasiswa sebaiknya dilatih untuk menjadi lebih aktif, baik aktif dalam perkuliahan maupun aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di luar perkuliahan, misalnya diwajibkan mengikuti dan menghadiri seminar atau pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak kampus maupun oleh pihak di luar kampus. Perlu diadakan workshop kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa untuk menumbuhkan minat mahasiswa pada kegiatan PKM serta melatih mahasiswa untuk dapat menuangkan idenya baik dengan tulisan maupun lisan, dengan output proposal yang difasilitasi bagian kemahasiswaan. Seluruh civitas akademika baik dosen maupun pendamping PKM sebaiknya memberikan suatu wadah/tempat/ruang/waktu diantara waktu kuliah mahasiswa yang ingin mengajukan proposal PKM, misalnya adanya forum diskusi di Jurusan atau Prodi. Perlu diadakan sosialisasi secara intensif mengenai kegiatan PKM, untuk meningkatkan perhatian mahasiswa, melalui surat yang diedarkan ke semua dosen di setiap Prodi agar disampaikan ke mahasiswa. Sosialisasi informasi mengenai penghargaan atau reward yang akan diperoleh saat mengikuti atau mengajukan proposal PKM perlu ditingkatkan, agar motivasi mahasiswa dalam mengajukan proposal PKM meningkat. Kepada mahasiswa yang akan atau sudah lulus diharapkan dapat meberikan sumbangan ide kreatif, yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa PKK yang masih aktif untuk mengajukan proposal PKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: faktor motivasi; proposal PKM; mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:06
Last Modified: 10 Nov 2015 19:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20763

Actions (login required)

View Item View Item