PENGARUH LATIHAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTE PRACTICE TERHADAP AKURASI TENDANGAN KE GAWANG PADA SISWA SSB UNDIP KU-14 KOTA SEMARANG TAHUN 2015


Much Rizky Diansyah, 6301411024 (2015) PENGARUH LATIHAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTE PRACTICE TERHADAP AKURASI TENDANGAN KE GAWANG PADA SISWA SSB UNDIP KU-14 KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301411024-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji yaitu 1) Apakah ada pengaruh latihan massed practice terhadap akurasi tendangan ke gawang. 2) Apakah ada pengaruh latihan distribute practice terhadap akurasi tendangan ke gawang 3) manakah latihan yang lebih baik antara massed practice dan distribute practice terhadap akurasi tendangan ke gawang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh latihan massed practice dan distribute practice dan lebih baik mana latihan menggunakan massed practice atau distribute practice. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pola matching subjek design atau M-S, analisis data menggunakan rumus statistik t-test dengan rumus pendek (short method). Instrumen tes menggunakan tes menendang bola ke sasaran. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample. Populasi penelitian ini adalah siswa SSB UNDIP Semarang yang berjumlah 113 orang. Sampel penelitian ini siswa SSB UNDIP KU-14 berjumlah 20 orang. Kelompok eksperimen 1 melakukan latihan massed practice dan kelompok eksperimen 2 melakukan latihan distribute practice. hasil pre-test nilai t hitung -0,230 dengan taraf signifikan 5% N 10-1=9 t tabel sebesar 2,262, maka kedua kelompok berawal dari kondisi yang sama atau seimbang, hasil post-test nilai t hitung sebesar 2,666 dengan harga t tabel dengan taraf signifikan 5% N 10-1=9 sebesar 2,262 yang berarti ada peningkatan setelah dilakukan treatment. Rata-rata menunjukan kelompok eksperimen 1 sebesar 14,20 dan kelompok eksperimen 2 sebesar 11,20, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh metode latihan massed practice dan distribute practice, latihan menggunakan metode massed practice lebih baik dari pada latihan distribute practice. Simpulan 1) Latihan massed practice berpengaruh terhadap peningkatan akurasi tendangan ke gawang. 2) Latihan distribute practice berpengaruh terhadap peningkatan akurasi tendangan ke gawang 3) Latihan massed practice lebih efektif terhadap akurasi tendangan ke gawang dari pada latihan distribute practice. Saran penulis adalah untuk meningkatkan akurasi tendangan latihan massed practice dapat digunakan oleh pelatih, dan bagi peneliti, pelatih dan pembina olahraga khususnya dalam sepak bola akan melakukan penelitian sejenis, sebaiknya menggunakan hasil penelitian ini dan penelitian terdahulu sebagai referensi sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akurasi Tendangan, Massed Practice, Distribute Practice.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:05
Last Modified: 10 Nov 2015 19:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20762

Actions (login required)

View Item View Item