KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH BATANG(Tahun Ajaran2014/2015


Yulista, 7101410190 (2015) KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH BATANG(Tahun Ajaran2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410190-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Layanan pendidikan merupakan jasa yang diberikan oleh pihak penyedia jasa atau sekolah kepada siswa.Kualitas layanan pendidikan dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi dan ekpektasi siswa terhadap layanan pendidikan yang benar-benar mereka peroleh selama proses pendidikan yang di tempuh di sekolah. Pemasalahanpenelitian ini adalahbagaimanakah kualitas layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah Batang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah Batang.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah Batang sebanyak 79 siswa dan sampel dalam penelitian adalah seluruh populasi yang berjumlah 79 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah item-by-item gap analysis dandimention-by-dimention gap analysis.Hasil deskripsi variabel penelitian menunjukkan variabel ekspektasi siswa dalam kategori tinggi dan variabel persepsi siswa dalam kategori memuaskan. Hasilpenelitian di peroleh informasi bahwa dari lima dimensikualitas layanan(bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati)semuanya memiliki nilai negatif yaitu nilai persepsi lebih rendah dari nilai ekspektasinya.Artinya layanan pendidikan yang harapkan siswa belum dipenuhioleh sekolah.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa secara umum kualitas layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah Batang masih rendah.SMK MuhammadiyahBatanghendaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan dengan melibatkan siswa maupun orang tua siswa sebagai pelanggan. Adapun peningkatan kualitas yang perlu diprioritaskan yaitu pada atribut penjagaan kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekolah,penyediaan buku perpustakaan, dan penguasaan metode penilaian hasil belajar oleh guru

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan Pendidikan, Persepsi siswa, dan Ekspektasi siswaterhadap layanan pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:02
Last Modified: 10 Nov 2015 19:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20759

Actions (login required)

View Item View Item