PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENDUKUNG MATERI POKOK BJT AND MOSFET SWITCHING ACTION PADA MODUL HBE-B3E ELECTRONIC CIRCUIT I


Seto Budi Satrio , 5302410184 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENDUKUNG MATERI POKOK BJT AND MOSFET SWITCHING ACTION PADA MODUL HBE-B3E ELECTRONIC CIRCUIT I. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410184-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan dalam proses pelaksanaan praktikum di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang menggunakan alat HBE-B3E materi pokok BJT and MOSFET Switching Action. Permasalahan yang ditemui adalah keterbatasan jumlah alat, resiko kerusakan alat dan kesulitan mahasiswa dalam memahami materi BJT and MOSFET Switching Action karena modul yang disajikan hanya sebatas pada pelaksanaan praktikum. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis flash, dengan tujuan memberikan proses pembelajaran yang sama namun alat yang digunakan lebih praktis dan dapat digunakan secara individu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flashyang interaktif dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau disebut Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan dalam tujuh tahapan, yaitu analisis kebutuhan, observasi dan wawancara, identifikasi kebutuhan, pengembangan produk, validasi, uji coba produk dan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan angket sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan ketentuan media pembelajaran minimal dalam kategori layak. Hasil penelitian ini meliputi media pembelajaran BJT and MOSFET Switching Action dan mahasiswa. Berdasarkan analisis hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 88,65%, maka termasuk dalam kategori sangat layak. Analisis hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 88,22%, maka termasuk dalam kategori sangat layak.Hasil uji coba kepada mahasiswa, diperoleh persentase sebesar 80,51%, maka termasuk dalam kategori layak. Secara keseluruhan, rata-rata nilai yang diperoleh dari uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa adalah 85,79% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan dari hasil uji validasi tersebut, media pembelajaran BJT and MOSFET Switching Action berbasis flash yang dibuat dan dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan layak digunakan untuk menunjang proses pelaksnaan praktikum menggunakan alat HBE-B3E.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, BJT and MOSFET Switching Action, flash.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 19:02
Last Modified: 10 Nov 2015 19:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20758

Actions (login required)

View Item View Item