PENGARUH DAYA LEDAK DAN LATIHAN KEKUATAN TERHADAP HASIL JUMP HEADING (Eksperimen Pada Pemain Pemusatan Latihan Sepakbola Kabupaten Kendal)

AbdullohFaqihudin, 6301411034 (2015) PENGARUH DAYA LEDAK DAN LATIHAN KEKUATAN TERHADAP HASIL JUMP HEADING (Eksperimen Pada Pemain Pemusatan Latihan Sepakbola Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1794Kb)

    Abstract

    Permasalahan: 1) Apakah ada perbedaan pengaruh daya ledak terhadap hasil jump Heading? 2) Apakah ada perbedaan pengaruh latihan kekuatan otot perut terhadap hasil jump Heading? 3) Apakah ada interaksi antara daya ledak otot tungkai dan latihan kekuatan otot perut terhadap hasil jump Heading? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini Pemain Pemusatan Latihan Sepakbola Kabupaten Kendal. Sampel penelitian sebanyak 24 pemain diambil dengan teknik total sampling. Hasil Analisis data diperoleh Fhitung<F(0,05)(1,20), (0,460<4,351) menunjukkan tidak ada perbedaan pengaruh yang nyata dari daya ledak otot tungkai tinggi dan rendah terhadap hasil jump heading, analisis data selanjutnya diperoleh F hitung<F(0,05)(1,20), (2,001<4,351) menunjukkan tidak ada perbedaan pengaruh yang nyata dari latihan kekuatan otot perut sit-up dan vertical leg crunch terhadap hasil jump heading. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa tidak ada interaksi antara daya ledak otot tungkai dan latihan kekuatan otot perut terhadap hasil jump heading karena data yang diperoleh Fhitung<F(0,05)(1,20), (0,760<4,351) Saran penelitian ini: Penelitian selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian sejenis hendaknya memperhatikan faktor-faktor diluar penelitian seperti kondisi fisik serta kegiatan keseharian sampel. Peneliti lain yang berminat meneliti kembali permasalahan ini, disarankan untuk dapat membandingkan hasil latihan kekuatan otot perut dengan bentuk latihan lain agar diperoleh informasi tentang bentuk latihan kekuatan otot perut yang efektif dalam meningkatkan hasil jump heading. Pelatih agar dalam memberi program latihan menyertakan latihan heading karena kebanyakan pelatih mengesampingkan program latihan heading.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: -
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 14:01
    Last Modified: 10 Nov 2015 14:01

    Actions (login required)

    View Item