IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Khairul Akbar, 3101411011 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411011-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (957kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan komponen dalam pembelajaran yang tidak bisa luput dari pembahasan sistem pembelajaran secara menyuluruh. Pada waktu sekarang ini untuk mengikuti perkembangan pendidikan yang semakin maju, maka diterapkan model-model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemahaman guru IPS tentang model pembelajaran, (2) Bagaimana implementasi model pembelajaran example non example pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 4 Batang, dan (3) Kendala-kendala yang dihadapi guru IPS pada saat pembelajaran IPS dengan model pembelajaran example non example. Metode penelitan menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Batang. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi, sementara teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru IPS, dan beberapa siswa SMP Negeri 4 Batang. Teknik keabsahan data dengan triangulasi teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru IPS mengenai model pembelajaran sudah mampu memahami masing-masing karakteristik dari model pembelajaran yang diterapkan dan mampu memilih model pembelajaran yang terbaik dan tepat dengan materinya. Implementasi model pembelajaran example non example pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 4 Batang, (1) Tahap perencanaan guru IPS menyiapkan prota, promes, silabus, RPP, materi, sumber dan media pembelajaran, (2) Tahap pelaksanaan guru IPS mengawalinya dengan Salam, Berdoa, absensi, apersepsi, tujuan pembelajaran, dan memberikan motivasi, kegiatan inti guru IPS membimbing, dan mengatur jalannya pembelajaran, dan kegiatan akhir penguatan, menyimpulkan materi, tugas rumah dan berdoa, (3) Tahap evaluasi guru IPS melakukan pilihan ganda, soal uraian, diskusi kelompok, dan remedial. Dan kendala-kendalanya, masih terdapat siswa yang kurang aktif, dan fasilitas sarana prasarana ada yang rusak. Saran yang diberikan dalam penelitian ini: (1) Guru diharapkan sebagai fasilitator, mendorong motivasi, membangun demokratis melalui memberikan kesempatan berpendapat, (2) Siswa harus berani mengemukakan pendapat, siswa harus memiliki kesadaran bekerja sama waktu diskusi, dan (3) Sekolah harus melengkapi sarana dan prasarana, dan perbaiki yang rusak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran Example Non Example, Mata Pelajaran IPS
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:59
Last Modified: 10 Nov 2015 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20754

Actions (login required)

View Item View Item