PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK GARUDA NUSANTARA KARANGAWEN DEMAK 2014/2015


Intan Mayasari, 7101410176 (2015) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK GARUDA NUSANTARA KARANGAWEN DEMAK 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410176-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang saya lakukan di SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak, ditemukan masalah hasil belajar peserta didik mata pelajaran kewirausahaan turun terus menerus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak, (2) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak, (3) Seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai variabel bebas (X1), motivasi belajar sebagai variabel bebas (X2), dan hasil belajar kewirausahaan sebagai variabel terikat (Y). Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data yang dikumpukan dianalisis dengan deskriptif persentase dan analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolahdan motivasi belajar berpengaruhterhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak baik secara parsial maupun simultan, dibuktikan dari hasil uji t dan F yang memperoleh signifikasi di bawah 0,05. Secara simultan penelitian ini berpengaruh sebesar 63% sedangakan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Secara parsial, kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 47,33% dan motivasi belajar sebesar 47,20%.Saran dalam penelitian ini adalah peserta didik diharapkan dapat lebih memanfaatkan fasilitas perpustakaan sekolah dengan sebaik-baiknya, agar dapat memperbaiki nilai yang belum tuntas dan bersemangat untuk mendapatkan nilai yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan, Motivasi BelajarDan Hasil Belajar Kewirausahaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:58
Last Modified: 10 Nov 2015 18:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20753

Actions (login required)

View Item View Item