PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PEMASARAN DI SMK PALEBON SEMARANG


Lulu Aprilia, 7101410174 (2015) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PEMASARAN DI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410174-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja siswa untuk menjadi seorang wirausaha dipengaruhi oleh praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana kondisi variabel praktik kerja industri, sikap kewirausahaan, kesiapan kerja dan seberapa besar pengaruh praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa baik secara parsial maupun simultan.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa yang terdiri dari kelas XII Pemasaran SMK Palebon Semarang, karena penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Variabel yang diteliti yaitu variabel praktik kerja industridan sikap kewirausahaan sebagai variabel bebas, dan kesiapan kerja siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel praktik kerja industri dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 46,19, sikap kewirausahaan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 50,21, dan kesiapan kerja siswa dalam kategori sangatbaik dengan rata-rata skor sebesar 28,55. Uji regresi menunjukkan hasil uji parsial untuk praktik kerja industri diperoleh thitungsebesar1,796 dengan signifikansi 0,080 < 0,05, sikap kewirausahaan thitungsebesar 2.241 dengan signifikansi 0,031 <0,05 berarti H0ditolak dan Ha1, Ha2, Ha3diterima. Besarnya pengaruh secara parsial untuk variabel praktik kerja industri sebesar 7,62% dan sikap kewirausahaan sebesar 11,43%,secara simultan sebesar 28% selebihnya 72% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara praktik kerja industri dan sikap kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa baik secara parsial maupun simultan. Dari penelitian inidapat dikemukakan saran yaitu:agar siswa memiliki kesiapan kerja, hendaknya sebagai guru mapel kewirausahaan dan sekolah memberikan motivasi dan materi wirausaha lebih jelas agar kelak siswa memiliki keyakinan dalam memimpin dan memajukan usaha yang dirintisnya, pihak sekolah hendaknya memberikan pelatihan praktik kerja industri sesuai dengan program keahlian siswa, dan siswa hendaknya dapat meningkatkan keterampilan yang dimiliki dengan lebih percaya terhadap kemampuan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Industri, Sikap Kewirausahaan, Kesiapan Kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:54
Last Modified: 10 Nov 2015 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20750

Actions (login required)

View Item View Item