TES BUTA WARNA METODE ISHIHARA BERBASIS KOMPUTER (KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 SEMARANG)


Prasetya Purnamasari, 5302410191 (2015) TES BUTA WARNA METODE ISHIHARA BERBASIS KOMPUTER (KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410191-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi saat kegiatan praktikum, dimana beberapa siswa belum mampu membedakan warna kabel yang masing-masing warna mempunyai fungsi berlainan. Selain itu, beberapa siswa juga belum mampu membedakan resistor yang memiliki gelang warna. Padahal komponen-komponen tersebut merupakan komponen dasar dalam praktikum yang membutuhkan kepekaan terhadap persepsi warna. Hal tersebut dimungkinkan karena siswa mengalami buta warna. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui cara membangun tes buta warna metode Ishihara berbasis komputer, 2) Mengetahui hasil tes buta warna metode Ishihara berbasis komputer pada siswa kelas XI TITL SMK Negeri 3 Semarang, dan 3) Mengetahui tanggapan guru SMK Negeri 3 Semarang terhadap keyalakan tes buta warna metode Ishihara berbasis komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R & D) dengan teknik pengumpulan data berupa angket kepada responden. Perancangan dengan UML akan mempermudah dalam menganalisis sistem yang dibangun dengan metode OOAD (Object-oriented Analysis and Design). Setelah proses desain selesai dilanjutkan dengan pengkodean. Pada tahap akhir dilanjutkan dengan pengujian tes buta warna manual kepada para responden untuk mendapatkan hasil tes buta warna secara manual yang akan dibandingkan dengan hasil tes buta warna metode Ishihara berbasis komputer. Berdasarkan hasil penelitian kelayakan tes buta warna metode Ishihara berbasis komputer, perancangan dan pengembangan telah dilakukan. Hasil tes buta warna metode Ishihara berbasis komputer dari 89 siswa kelas XI TITL, terdapat 2 orang yang didiagnosa mengidap buta warna. Dari angket yang telah diisi oleh responden, tanggapan guru SMK Negeri 3 Semarang terhadap kelayakan tes buta warna metode Ishihara berbasis komputer mendapatkan prosentase yang termasuk kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buta Warna; Tes Ishihara Berbasis Komputer.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:53
Last Modified: 10 Nov 2015 18:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20749

Actions (login required)

View Item View Item