FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Dyah Undari, 7101410166 (2015) FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410166-s.pdf]
Preview
PDF - Accepted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Unit jasa perpustakaantidakdimaksudkansebagailembaga yang inginmencapaitujuanlaba, tetapilebihmengutamakanpelayanankepadapenggunanya. Atribut-atribut pelayanan perpustakaan perlu dianalisis agar dapat memenuhi kebutuhanmahasiswasehinggaterwujudkepuasanmahasiswa. Penelitianinibertujuanuntuk(1) mengetahuifaktor-faktorapasaja yang menentukankepuasanmahasiswaPendidikanEkonomidan(2) faktormana yang paling dominanmenentukankepuasanmahasiswaPendidikanEkonomiterhadappelayananperpustakaandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2010-2013 yang terdiri dari 3 program studi yaitu Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Koperasi dan Pedidikan Administrasi Perkantoran sebanyak 1510 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik insidentaldan propotional random sampling, selain itu jumlah sampel yang diambil disesuaikan dengan persyaratan kecukupan sampel untuk analisis faktor yaitu140 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor yaitu mereduksi data dari variabel yang banyak menjadi sedikit dan menggunakan analisis deskriptif persentase.Hasil analisis faktor menunjukan bahwa dari 28 variabel direduksi menjadi 23 variabel yang mengelompok menjadi8 faktor baru yang menentukan kepuasan mahasiswa sebesar 62,668% sedangkan sisanya sebesar 37,332% dipengaruhi faktor lain yang tidak ditentukan dalam model ini. Sumbangan atau kontribusi dari masing-masing faktor yang menentukan kepuasan mahasiswa adalah sebagai berikut; (1) Faktor jasa inti sebesar 17,971%, (2) Faktor interaksi sebesar 8,878%, (3) Faktor kebersihan sebesar 7,830%, (4) Faktor kerapihan sebesar 6,731%, (5) Faktor sarana pendukung sebesar 6,348%. (6) Faktor performa teknis sebesar 5,597%, (7) Faktor luas gedung sebesar 4,918% dan (8) Faktor produk pelengkap sebesar 4,396%.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) faktor-faktoryang menentukankepuasanmahasiswaPendidikan Ekonomi terhadap pelayanan perpustakaan di Fakultas Ekonomi yaitu, faktor kenyamanan dan produk jasa inti, faktor elemen interaksi, faktor kebersihan, faktor kerapihan, faktor sarana pendukung, faktor peforma teknis, faktor luas gedung dan faktor produk pelengkap, (2) faktor yang mempunyai kontribusiterbesar pada kepuasan mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap pelayanan perpustakaan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang adalah faktor kenyamanan dan produk jasa inti sebesar 17,971%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalahpihak Fakultas Ekonoomi Hendaknya(1) Pihak perpustakaan mengajukan anggaran ke Fakutas Ekonomi gunapembelianbuku perkuliahan agar koleksi semakin banyak, bervariasi dan up to date. (2) Melakukan perbaikan tempat penyimpanan tas pengunjung, baik mengganti rak menjadi jenis loker agar lebih aman maupun dengan menambah jumlah rak. (3) Menambah meja dan kursi baca agar setiap pengunjung dapat membaca dengan nyaman, (4) Memasang papan informasi di depan pintu perpustakaan yang menjelaskan waktu buka/tutup perpustakaan secara rinci

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Perpustakaan, Kepuasan Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:46
Last Modified: 10 Nov 2015 18:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20744

Actions (login required)

View Item View Item