PENGARUH PENGETAHUAN KEBENCANAAN TERHADAP SIKAP KESIAPSIAGAAN WARGA DALAM MENGHADAPI BENCANA TANAH LONGSOR DI DESA SRIDADI KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN 2014


Bestari Ainun Ningtyas , 3201410052 (2014) PENGARUH PENGETAHUAN KEBENCANAAN TERHADAP SIKAP KESIAPSIAGAAN WARGA DALAM MENGHADAPI BENCANA TANAH LONGSOR DI DESA SRIDADI KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201410052-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan mengalami bencana alam. Melihat hal tersebut penulis ingin meneliti bagaimana pengaruh pengetahuan kebencanaan terhadap sikap kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana tanah longsor. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui tingkat pengetahuan kebencanaan masyarakat dalam kaitannya dengan bencana tanah longsor di Desa Sridadi, 2) Mengetahui sikap kesiapsiagaan warga terhadap bencana tanah longsor di Desa Sridadi, 3) Mengetahui pengaruh pengetahuan kebencanaan terhadap sikap kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana tanah longsor di Desa Sridadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga (KK) Dukuh Lebak Goak sebanyak 278 KK dengan sampel 162 KK. Variabel penelitian meliputi pengetahuan kebencanaan warga (X) dan sikap kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana tanah longsor (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) Dokumentasi, 2) Angket, 3) Observasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif persentase untuk mendeskripsikan semua variabel, analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) dengan menggunakan uji hipotesis uji t dan R2. Berdasarkan hasil penelitian tingkat pengetahuan kebencanaan warga berada dikategori tinggi. Sikap kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana tanah longsor di Desa Sridadi berada dikategori sangat tinggi. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t dan uji koefisien determinasi, maka ada pengaruh positif pengetahuan kebencanaan terhadap sikap kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana tanah longsor di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Hal ini berarti semakin tinggi pengetahuan kebencanaan maka akan semakin tinggi pula sikap kesiapsiagaan warga dalam menghadapi bencana tanah longsor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Kebencanaan, Kesiapsiagaan, Bencana Tanah Longsor
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:46
Last Modified: 10 Nov 2015 18:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20743

Actions (login required)

View Item View Item