KERATON KASEPUHAN DAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 CIREBON TAHUN AJARAN 2014/2015


Farah Ghaniyyah Ibrahim, 3101411001 (2015) KERATON KASEPUHAN DAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 CIREBON TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411001-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kota Cirebon yang mempunyai keunggulan lokal yang salah satunya yaitu peninggalan Keraton Kasepuhan yang dapat dijadikan sumber dan media dalam pembelajaran sejarah di sekolah yang tujuannnya adalah untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: (1) Kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS (2) Upaya guru sejarah dalam menumbuhkan kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Cirebon (3) Hambatan dalam menumbuhkan kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 3 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian di SMAN 3 Cirebon dan Keraton Kasepuhan. Informan dalam peneliti ini adalah guru sejarah, siswa, dan pengelola keraton. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut: salah satu yang menumbuhkan kesadaran sejarah siswa yaitu peninggalan Keraton kasepuhan Cirebon. Guru bekerjasama dengan pihak keraton untuk menumbuhkan kesadaran sejarah siswa. Simpulan dari penelitian ini yaitu : kesadaran sejarah siswa meliputi memahami tentang situs keraton sebagai warisan budaya nenek moyang,mengetahui kebudayaan dari masyarakat cirebon, ikut serta dalam pelestarian dan menjaga situs keraton. Upaya guru dalam menumbuhkan kesadaran sejarah yaitu dengan cara memanfaatkan keraton sebagai sumber bagi siswa. Hambatan dalam menanamkan kesadaran sejarah dalam pelajaran sejarah yaitu terbatasnya waktu dalam mengunjungi situs keraton. Saran dalam penelitian yaitu guru lebih memaksimalkan keraton kasepuhan sebagai sumber belajar siswa di dalam pembelajaraan sejarah. Siswa lebih peduli dengan peninggalan keraton Kasepuhan Cirebon. Selalu terjalinnya kerjasama yang dilakukan oleh keraton Kasepuhan dan Sekolah guna menumbuhkan kesadaran sejarah siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keraton Kasepuhan, Kesadaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:44
Last Modified: 10 Nov 2015 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20742

Actions (login required)

View Item View Item