PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN GAME KOGA DENGAN SISWA YANG DIAJAR TANPA MENGGUNAKAN GAME KOGA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR MATA PELAJARAN KIMIA SMA 1 KRAGAN REMBANG


Lutfi Anshori, 5302410021 (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN GAME KOGA DENGAN SISWA YANG DIAJAR TANPA MENGGUNAKAN GAME KOGA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR MATA PELAJARAN KIMIA SMA 1 KRAGAN REMBANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410021-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam bidang pendidikan, teknologi memainkan peran sangat penting dalam meningkatkan proses belajar siswa. Penggunaan teknologi dalam kimia biasa dikenal Chemo-edutainment (CET), yaitu media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga membuat siswa tertarik untuk mempelajari kimia yang dapat diwujutkan menggunakan game koga. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Game Koga dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan Game Koga pada mata pelajaran kimia materi Sistem Periodik Unsur SMA, serta seberapa besar efektivitas pembelajaran dengan memanfaatkan Game Koga sebagai media Chemo-edutainment (CET) pada pembelajaran kimia siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan game koga dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan game koga pada mata pelajaran kimia materi Sistem Periodik Unsur, serta mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran dengan CET memanfaatkan Game Koga pada pembelajaran kimia siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan melihat perbedaan pre test dan post test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random “Pre Test, Pos Test With Control Group Design”. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan Game Koga dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Game Koga pada mata pelajaran kimia kelas X materi Sistem Periodik Unsur, dan Besarnya kontribusi pembelajaran dengan memanfaatkan Game Koga sebagai media Chemo-edutainment (CET) terhadap hasil belajar kimia pada pokok materi Sistem Periodik Unsur adalah 45,2%. Dilihat dari thitung = 3,687 dan tkritis = 1,6687 dengan taraf signifikansi 5% sehingga didapat selisih = 0,452 = 45,2%. Saran yang dapat diberikan adalah untuk pembelajaran menggunakan Game Koga sebagai media Chemo-edutainment (CET) diperlukan penjelasan materi dari guru sehingga perlu dilakukan kombinasi pembelajaran dengan metode ceramah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game, Chemo-edutainment (CET)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:47
Last Modified: 10 Nov 2015 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20741

Actions (login required)

View Item View Item