EFEKTIVITAS PENGGUNAANMODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 PAMOTANTAHUN AJARAN 2013/2014
Dewanti Nur Diana, 3101409098 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAANMODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 PAMOTANTAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti menawarkan menggunakan model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untukmeningkatkan hasil belajar siswa.Model Student Facilitator and Explaining (bermain peran) adalah merupakan pembelajaran dimana siswa atau peserta didik belajar mempresentasikan ide atau pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model Student Facilitator and Explaining (bermain peran) dilakukan dengan cara penguasaan siswa terhadap bahan-bahan pembelajaran melalui imajinasi dan penghayatan yang dilakukan sebagai tokoh baik pada benda hidup atau benda mati. Model ini dapat dilakukan secara individu atupun secara kelompok. Oleh karenanya, model ini dapat meningkatkan hasil belajar, antusias, keaktifan dan rasa senang dalam belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS SMA N 1 Pamotan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan metode Pretes Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 112 siswa, terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Kemudian diambil 2 kelas secara acak yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh (1) hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan nilai tertinggi 80, nilai terendah 63, dan nilai rata-ratanya 70,95, (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan nilai tertinggi 83, nilai terendah 63 dan rata-ratanya 75,06, (3) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explainingterhadap hasil belajar sejarah. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalahmodel pembelajaran Student Facilitator And Explaining cukup bagus untuk pembelajaran sejarah khususnya hasil belajar siswa untuk itu guru-guru sejarah dapat mempertimbangkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran sejarah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | erni setyaningsih unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 18:39 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 18:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20738 |
Actions (login required)
View Item |