ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARAN GDALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013DI SMA DAN SMK NEGERI KOTASEMARANG


Muhammad Afiff Galang Ristyantoro, 7101410130 (2015) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARAN GDALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013DI SMA DAN SMK NEGERI KOTASEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410130-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi proses belajar mengajar sebab terlibat secara langsung dalam pembelajaran.Universitas Negeri Semarang sebagai universitas yangakan mencetak para calon guru membutuhkan bekal yang harus dimiliki mahasiswa sebagai calon guru agar menunjang keberhasilan dalam mengajar. Salah satu kompetensi yang harus dipenuhi yakni kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Karena kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional seorang guru merupakan seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh guru searah dengan kebutuhan pendidikan di sekolah (kurikulum), tuntutan masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemahaman kompetensi pedagogik dan tingkat penguasaan kompetensi profesional yang dimiliki mahasiswa PPL jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang di SMA dan SMK Negeri se-Kota Semarangdalam implementasi Kurikulum 2013.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalahmahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2011 yang melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)di SMA dan SMK se Kota Semarangsebanyak 68 orang. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik mahasiswa mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi yang melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan di SMA dan SMK Negeri se-Kota Semarangberada dalam rata-rata kategori memahami yaitu sebesar 81,15%. Sedangkan kompetensi profesional mahasiswa mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi yang melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan di SMA dan SMK Negeri se-Kota Semarangberada dalam rata-rata kategori menguasai yaitu sebesar 80,84%.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi yang melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan di SMA dan SMK Negeri se-Kota Semarang sudah memenuhi atau mencapai kompetensi pedagogik dan kompetensi perofesional karena sudah mampu memahami secara keseluruhan aspek-aspek kedua kompetensi tersebut. Saran yang dapat dikemukakan terkait dengan penelitian yang telah dilakukan adalah ixixperlunya peningkatan kembali aspek perancangan pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik sehingga proses pembelajaran yang dilakukan lebih bervariasi dan tidak monoton serta memaksimalkan fungsi penggunaan media dan alat peraga saat menyampaikan materi pelajaran sehingga saat pembelajaran berlangsung dapat menarik perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Implementasi Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:31
Last Modified: 10 Nov 2015 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item View Item