PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN DINDING DAN BERPASANGAN TERHADAP KETEPATAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI (Eksperimen Terhadap Klub Bolavoli Putri IVOKAS Kab.Semarang Th.2015)


Nastiti Ari Murti, 6301411037 (2015) PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN DINDING DAN BERPASANGAN TERHADAP KETEPATAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI (Eksperimen Terhadap Klub Bolavoli Putri IVOKAS Kab.Semarang Th.2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301411037-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Passing bawah merupakan teknik dasar yang penting untuk dikuasai pemain bolavoli ketepatan passing sangat memepengaruhi awal penyerangan suatu tim didalam permainan. Tujuan 1) Untuk mengetahui pangaruh latihan passing bawah dengan dinding terhadap ketepatan passing bawah. 2) Untuk mengetahui pangaruh latihan passing berpasangan terhadap ketepatan passing bawah. 3) Untuk mengetahui latihan mana yang lebih baik untuk ketepatan passing bawah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Matched Subject Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 atlet putri dan dibagi menjadi kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 dengan rumus AB-BA. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% db 5. Hasil 1) ada pengaruh latihan passing bawah dengan dinding, dengan hasil t-hitung 3.512> t-tabel 2.571, 2) ada pengaruh latihan passing bawah berpasangan, dengan hasil t-hitung 2,649 > t-tabel 2.571, 3) Latihan passing bawah berpasangan lebih baik daripada latihan passing bawah dengan dinding dengan hasil mean post test 10.83 > 9.83. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1) ada pengaruh latihan passing bawah dengan dinding terhadap ketepatan passing bawah dalam permainan boalvoli. 2) ada pengaruh latihan passing bawah berpasangan terhadap ketepatan passing bawah dalam permainan boalvoli. 3) Pasing bawah berpasangan lebih berpengaruh terhadap ketepatan passing bawah dalam permainan boalvoli. Saran dari simpulan diatas adalah dalam melatih dan membina para atlet khususnya olahraga bolavoli teknik dasar passing bawah latihan passing bawah dengan dinding dan berpasangan dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam menentukan metode latihan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Passing bawah, berpasangan, dinding, ketepatan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:23
Last Modified: 10 Nov 2015 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20734

Actions (login required)

View Item View Item