IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA PERANCANGAN GAME HANACARAKA


Abi Mahan Zaky, 5302410208 (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA PERANCANGAN GAME HANACARAKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410208-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Bentuk aksara dan seni pembuatannyapun menjadi peninggalan yang patut untuk dilestarikan. Aksara ini menjadi bukti nyata adanya zaman terdahulu sebelum adanya bangsa Indonesia. Salah satu upaya melestarikannya adalah dengan melakukan digitalisasi Aksara Jawa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan kehilangan nilai budayanya. Perkembangan teknologi terutama teknologi game merupakan salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk melestarikan Aksara Jawa ini. Selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk menjadi media pembelajaran Aksara Jawa. Penelitian ini menggunakan metode Interactive Multimedia System Design and Development (IMSDD) yang digunakan untuk merancang perangkat lunak game Hanacaraka. Metode ini merupakan pengembangan dari metode waterfall yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan aplikasi multimedia, sehingga metode ini merupakan metode yang paling cocok dalam pengembangan game Hacaraka. Algoritma Knuth Morris Pratt adalah salah satu algoritma yang digunakan pada pencarian string. Dalam penelitian ini algoritma Knuth Morris Pratt diimplementasikan pada proses pencarian string yang terdapat pada gameplay utama game Hanacaraka. Hasil penelitian uji fungsionalitas menunjukkan bahwa game Hanacaraka, dari semua kriteria penilaian, termasuk dalam kategori sangat layak dengan prosentase 97,14%. Observasi dari implementasi algoritma Knuth Morris Pratt pada game Hanacaraka menunjukkan bahwa algoritma Knuth Morris Pratt berhasil di implementasikan pada game Hanacaraka dengan tingkat keberhasilan 100%. Secara keseluruhan, implementasi algoritma Knuth Morris Pratt pada perancangan game Hanacaraka berhasil dilakukan dan mendapat hasil yang memuaskan dari segi fungsionalitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hanacaraka, Game , Algoritma Knuth Morris Pratt, Android.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:22
Last Modified: 10 Nov 2015 18:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20733

Actions (login required)

View Item View Item