PENGARUH FASILITAS, DISIPLIN, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KECEPATAN MENGETIK MANUAL PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Yunita Febriana, 7101410117 (2015) PENGARUH FASILITAS, DISIPLIN, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KECEPATAN MENGETIK MANUAL PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410117-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Mengetik merupakan salah satu pekerjaan kantor yang harus dikuasai oleh lulusan SMK Administrasi Perkantoran untuk membekali siswa kelak ketikabekerja agar lebih efisien dan tidak terjadi penumpukan pekerjaan. Berdasarkan observasi awal diperoleh bahwa kecepatan mengetik manual siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 PekalonganTahun Pelajaran 2013/2014 masih banyak yang belum tuntas, yaitu kelas XAP155,89% tuntas dan 44,11% belum tuntas, sedangkan XAP2 9,1% tuntas dan 90,9% belum tuntas. Permasalahan penelitian ini adalah apakah fasilitas, disiplin, dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap kecepatan mengetik manual program keahlian kecepatan mengetik manual di SMK Negeri 2 Pekalongan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 67 siswa. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesionerdan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier bergandadandeskriptif persentase.Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaanY = 5.230+0.937X1+1.200X2 +1.164X3+ ε. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F, diperoleh Fhitung=28,674dengan signifikansi 0,000 dan lebih kecil dari 0,05.Besarnya pengaruh secara simultan atau bersama-sama dari fasilitas, disiplin, dan motivasi belajar terhadap kecepatanmengetik manual yaitu sebesar 55,7%. Sedangkan pengaruh secara parsial atau masing-masinguntuk fasilitasyaitu sebesar 6,8%, disiplinsebesar 10,04% dan motivasibelajar sebesar 11,02%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh fasilitas, disiplin, dan motivasibelajar secara parsial maupun simultan terhadap kecepatan mengetik manual siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 PekalonganTahun Pelajaran 2013/2014. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar pihak sekolah mengganti gambar peraga dengan ukuran yang lebih besar, serta guru memberikan sanksi tegas ketika mendapati siswa yang tidak menaati waktudan siswa sebaiknya selalu menjaga kebersihan laboratorium dengan menyapu lantai dan tidak membuang sampah sembarangan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Disiplin, MotivasiBelajar, Kecepatan Mengetik Manual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:24
Last Modified: 10 Nov 2015 18:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20732

Actions (login required)

View Item View Item