EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS VIII SMP N 1 PETARUKAN


Nurul Alfiatun , 5302411003 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS VIII SMP N 1 PETARUKAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411003-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya. Cara yang ditempuh oleh peneliti untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran pair check dalam proses pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dari model pembelajaran pair check serta untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP N 1 Petarukan tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik intact group dengan dipastikan kesetaraannya (matching), sehingga diperoleh siswa kelas VIII F (kelompok eksperimen), dan siswa kelas VIII E (kelompok kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 83,14, sedangkan kelompok kontrol sebesar 70,56. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pair check dan siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Selain itu, dari hasil penelitian terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dari N-gain kelompok eksperimen sebesar 0, 724 dengan kategori sangat tinggi sedangkan kelompok kontrol sebesar 0, 461 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pair check, peningkatan hasil belajar, quasi experimental design, intact group.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:18
Last Modified: 10 Nov 2015 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20731

Actions (login required)

View Item View Item