IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTEGRATED VIDEO TUTORIAL BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN DATABASE SISWA KELAS XI RPL SMK NEGERI 10 SEMARANG


Nurul Fatkhiyati , 5302411017 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTEGRATED VIDEO TUTORIAL BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN DATABASE SISWA KELAS XI RPL SMK NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411017-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran, metode ceramah menjadi pilihan, meskipun mereka sadar bahwa hal itu kurang menarik dan tidak akan banyak membantu memberikan gambaran kepada siswa dalam memeahami konsep yang bersifat konkrit. Kesulitan siswa memahami konsep-konsep yang bersifat konkrit ini diduga menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa untuk mata pelajaran database. Hal ini terlihat pada hasil evaluasi uji praktik, banyak siswa yang belum siap menghadapi materi rekayasa perangkat lunak kususnya database, materi yang akan diberikan belum dikuasai siswa dengan baik dan waktu pelaksanaan yang bertepatan dengan praktik kerja lapangan. Dengan adanya metode pembelajaran integrated video tutorial mampu meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran integrated video tutorial dalam kompetensi membuat database dan merelasikan database menggunakan PHP MyAdmin. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif yang terselesaikan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL SMK Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal evaluasi untuk mengukur prestasi belajar dari hasil belajar siswa yang dilaksanakan setiap akhir siklus serta lembar observasi yang digunakan untuk mengukur aktifitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 65,03 dengan persentase ketuntasan klasikal 15,15%. Pada siklus-I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,00 dengan presentasi ketuntasan klasikal sebesar 69,69% dan meningkat pada siklusII sebesar 80,60 dengan persentase ketuntasan klasikal 90,90%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari prasiklus ke siklus-I sebesar 10,7 dan untuk ketuntasan klasikal dari prasiklus ke siklus-I meningkat 54,54%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dari siklus-I ke siklus-II meningkat menjadi 4,6 dan ketuntasan klasikal dari siklus-I ke siklus-II meningkat 21,21%. Berdasarkan peningkatan hasil belajar yang telah disebutkan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Integrated Video Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI dalam kompetensi membuat database dan merelasikan database menggunakan PHP MyAdmin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Integrated Video Tutorial, Prestasi Belajar
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:15
Last Modified: 10 Nov 2015 18:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20727

Actions (login required)

View Item View Item