PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION PADA PELAJARAN TIK (KELAS VIII SMP N 39 SEMARANG)


Yahyati Aulia, 5302411020 (2015) PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION PADA PELAJARAN TIK (KELAS VIII SMP N 39 SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411020-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pelajaran TIK merupakan pelajaran yang cukup sulit bagi siswa di SMP N 39 Semarang, dikarenakan kurangnya waktu berinteraksi dengan komputer serta materi TIK yang banyak membutuhkan hafalan. Metode Computer Based Instruction (CBI) merupakan metode yang memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran dan alternatif kemandirian dalam belajar. Penelitian yang dilakukan sebelumnya tentang metode CBI menyatakan pembelajaran dengan metode ini lebih baik dibandingkan menerapkan pembelajaran langsung. Dari paparan tersebut maka perlu adanya perancangan media pembelajaran dengan metode CBI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara perancangan dan pembuatan media pembelajaran, dan mengetahui apakah media pembelajaran cukup efektif apabila diterapkan pada metode pembelajaran CBI. Penelitian ini dimulai dengan observasi, desain produk,pembuatan produk, validasi produk, dan penarikan kesimpulan. Validasi materi pada media dilakukan oleh guru TIK sedangkan siswa melakukan validasi terhadap materi dan perangkat lunak selaku pengguna media. Hasil validasi menunjukkan kesesuaian materi dengan silabus mencapai 93%, relevansi menurut guru 82,5% sedangkan menurut siswa 81,41%. Isi materi pembelajaran menurut guru sudah mencapai 90% sedangkan menurut siswa 86,41%. Validasi perangkat lunak dalam aspek kemudahan pengoperasian mendapat persentase 87,50%, menu navigasi 83,75%, dan desain tampilan 95,45%. Perangkatyang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran yaitu Microsoft 7, Adobe Flash Player, Ispring Suite 7, dan Microsoft Power Point 2010. Sedangkan perangkat keras yang digunakan meliputi Processor Intel ® Core TM i5, memory 4096 RAM dan available harddisk 500 MB. Kesimpulan yang didapat secara keseluruhan media pembelajaran layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Computer Based Instruction (CBI), metode pembelajaran, validasi materi, validasi perangkat lunak
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:11
Last Modified: 10 Nov 2015 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20723

Actions (login required)

View Item View Item