HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN HASIL SMASH NORMAL (Survei pada Atlet Klub Bola Voli Putra Mustika Blora Tahun 2015)

Achmad Dwi Prabowo, 6301411095 (2015) HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN HASIL SMASH NORMAL (Survei pada Atlet Klub Bola Voli Putra Mustika Blora Tahun 2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1434Kb)

    Abstract

    Smash dalam bola voli merupakan serangan mematikan, kekuatan dan kelentukan sangat berpengaruh pada hasil smash normal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : 1) Ada hubungan daya ledak otot tungkai dengan hasil smash normal bola voli?, 2) Apakah ada hubungan kekuatan otot lengan dengan hasil smash normal bola voli? 3) Apakah ada hubungan kelentukan pergelangan tangan dengan hasil smash normal bola voli? 4) Apakah ada hubungan antara daya ledak otot tungkai, kekuatan otot lengan, dan kelentukan pergelangan tangan dengan hasil smash normal bola voli?. Metode penelitian menggunakan survei tes. Populasi penelitian adalah atlet klub bola voli Putra Mustika Blora tahun 2015 sebanyak 16 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling diperoleh 16 orang. Variabel penelitian meliputi variabel bebas terdiri dari daya ledak otot tungkai, kekuatan otot lengan, kelentukan pergelangan tangan dan variabel terikat adalah hasil smash normal. Hasil analisis data diperoleh perhitungan daya ledak otot tungkai, kekuatan otot lengan, kelentukan pergelangan tangan dengan hasil smash normal diketahui Fhitung masing-masing sebesar 18,02(X1), 34,56(X2), dan 21,88(X3) > Ftabel 4,60 jadi hipotesis diterima. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan daya ledak otot tungkai, kekuatan otot lengan, dan kelentukan pergelangan tangan dengan hasil smash normal pada atlet klub bola voli Putra Mustika Blora tahun 2015. Saran peneliti yaitu pelatih diharapkan dapat meningkatkan keterampilan smash normal dengan penerapan bentuk latihan yang sesuai teknik tersebut. Dan dapat dijadikan sebagai materi dalam penyusunan program latihan para pemain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Voli, Daya Ledak Otot Tungkai, Kekuatan Otot Lengan, Kelentukan Pergelangan Tangan, Smash Normal.
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 13:08
    Last Modified: 10 Nov 2015 13:08

    Actions (login required)

    View Item