PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII DI SMP DARUSSALAF DESA ASEM KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

ASISTO, 1102411093 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII DI SMP DARUSSALAF DESA ASEM KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1394Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah adanya kendala pada saat guru menyampaikan pembelajaran materi nilai-nilai pancasila mata pelajaran kewarganegaraan dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif (MPI) materi nilai-nilai pancasila dan mengetahui keefektifan MPI terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Darussalaf Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development. Kegiatan research dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan penggun, sedangkan kegiatan development dilakukan untuk menghasilkan produk MPI setelah produk dihasilkan dapat dilanjutkan pada tahap implementation yakni penerapan. Tahap terakhir setelah penerapan yakni, mengevaluasi kekurangan yang ada pada MPI untuk dapat disempurnakan. teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif persentase. Penelitian ini lebih menitik beratkan pada bagaimana mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif tersebut sehingga data dianalisis dengan sistem deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa MPI yang peneliti kembangkan layak dan memenuhi syarat untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi, tampilan, dan keefektifan produk oleh ahli materi sebesar 96,88% dinyatakan sangat baik, aspek media, tampilan, kualitas dan keefektifan media oleh ahli media sebesar 88,75% dinyatakan sangat baik. Hasil uji efektifitas MPI terhadap Hasil belajar siswa memperoleh hasil yang baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan data hasil tes siswa sebelum (pretest) dan setelah menggunakan MPI (posttest). Dari hasil data tes siswa sebelum (pretest) dan setelah menggunakan MPI (posttest) terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut dilihat dari nilai siswa pada saat pretest yaitu rata-rata mendapatkan nilai 51,8 sedangkan rata-rata nilai siswa pada posttest yaitu 68,8. Maka disimpulkan bahwa MPI ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Darussalaf Desa Asem Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Saran yang dapat diberikan adalah guru hendaknya dapat memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar menjadi menarik dan lebih menyenangkan tanpa mengurangi isi dari materi pelajaran yang akan disampaikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Media, Hasil Belajar, Pengembangan
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 13:09
    Last Modified: 10 Nov 2015 13:09

    Actions (login required)

    View Item