PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAJAH KABUPATEN DEMAK


Maulana Ibrahim, 7101410101 (2015) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GAJAH KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410101-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar ekonomipada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gajah tahun pelajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gajah dengan populasi seluruhnya berjumlah 60 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner (angket). Pengujianinstrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi bergandadengan menggunakan program SPSS Release17.Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh thitung= 3,274 dengan p < 0,05 menunjukkan H1yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar ekonomi,diterima. Sedangkan pengujian hipotesis kedua thitung= 7,447 dengan p < 0,05 menunjukkan H2yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar ekonomiditerima. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh Fhitung= 112,894 dengan p < 0,05 menunjukkan H3yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi. Variabel pemanfaatan sumber belajar dan motivasi mempengaruhi prestasi belajar ekonomisebesar 79,8% dan sisanya sebesar 20,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini terbukti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi,baik secara parsial maupun simultan Saran bagi sekolah hendaknya meningkatkan pengelolaan koperasi sekolah dengan melibatkan siswa hal ini dapat digunakan sebagai sumber belajar guna menambah pengetahuan di bidang ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:08
Last Modified: 10 Nov 2015 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20720

Actions (login required)

View Item View Item