SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS PENANGANAN GANGGUAN IT PT. KAI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) STUDI KASUS DI DAOP 5 PURWOKERTO


Silvia Wahyu Palupi, 5302411030 (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS PENANGANAN GANGGUAN IT PT. KAI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) STUDI KASUS DI DAOP 5 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411030-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan kompleks, salah satunya dalam hal pengambilan keputusan menggunakan metode tertentu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Standard Operating Procedure (SOP) eskalasi pelaporan data gangguan IT PT. KAI di DAOP 5 Purwokerto belum memiliki prioritas penanganan jika gangguan IT muncul dalam waktu bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah membuat SPK dalam penentuan prioritas penanganan gangguan IT PT. KAI. Metode AHP digunakan untuk menentukan urutan penanganan gangguan IT PT. KAI berdasarkan SOP. Perhitungan AHP dimulai dengan melakukan perbandingan berpasangan untuk subkriteria crisis, critical, major dan minor. Hasil bobot AHP diukur konsistensinya dengan Consistency Ratio. Jika Consistency Ratio ≤ 0,1 maka derajat konsistensinya memuaskan, artinya metode AHP menghasilkan solusi optimal. Hasil penelitian menunjukkan sistem informasi penentuan prioritas penanganan gangguan IT PT. KAI menggunakan metode AHP diperoleh nilai CR untuk subkriteria crisis adalah 0,030, critical adalah 0,094, major adalah 0,076 dan minor adalah 0,051 yang keseluruhan ≤ 0,1, maka derajat konsistensinya memuaskan, artinya metode AHP menghasilkan urutan prioritas penanganan gangguan IT yang optimal. Hasil pengurutan AHP diuji validitasnya menggunakan perbandingan pengurutan manual dengan pengurutan sistem dan mendapatkan hasil yang sama untuk kriteria sejenis maupun multikriteria. Selain uji validitas, fungsionalitas sistem diuji menggunakan blackbox testing dan memperoleh hasil 100% valid untuk digunakan. Dimungkinkan dikemudian hari sistem dapat dikembangkan lebih lanjut seperti dionlinekan dan penambahan menu-menu pendukung lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan (SPK) , Metode AHP, SOP, Gangguan IT
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:05
Last Modified: 10 Nov 2015 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20718

Actions (login required)

View Item View Item