PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV B SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG
Fika Ratna Dila, 1401411455 (2015) PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV B SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data hasil refleksi di kelas IV B SDN Wonosari 03 Kota Semarang pada pembelajaran IPA guru sudah menggunakan media namun kurang menarik perhatian karena belum memanfaatkan sarana (LCD) di sekolah, banyaknya materi pada pembelajaran IPA membuat anak mudah lupa sehingga hasil belajarnya rendah, sebanyak 26 siswa atau sekitar 78,8% mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu 64. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) apakah metode Mind Mapping berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV B SDN Wonosari 03 Kota Semarang? (2) apakah metode Mind Mapping berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV B SDN Wonosari 03 Kota Semarang? (3) apakah metode Mind Mapping berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV B SDN Wonosari 03 Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menerapkan metode Mind Mapping berbantuan media Audiovisual pada siswa kelas IV B SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, tiap siklusnya satu pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN Wonosari 03 Kota Semarang. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas IV B SDN Wonosari 03 Kota Semarang (33 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 24 (baik), siklus II menjadi 29 (sangat baik), dan siklus III mencapai 31 (sangat baik). Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 17,48 (cukup), siklus II menjadi 21,18 (baik), dan siklus III mencapai 23,8 (baik). Hasil belajar siswa siklus I adalah 48,5%, pada siklus II menjadi 57,6%, dan siklus III mencapai 81,8% (≥ 75%) dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah metode Mind Mapping berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Saran penelitian ini adalah guru lebih berinovasi menyajikan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiovisual, IPA, kualitas, Mind Mapping, pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 18:06 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 18:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20717 |
Actions (login required)
View Item |