PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PADA POKOK BAHASAN PERBEDAAN PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN UNTUK TK B DI PAUD LAB SCHOOL UNNES


Weny Putri Haryani , 1102411092 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PADA POKOK BAHASAN PERBEDAAN PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN UNTUK TK B DI PAUD LAB SCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411092-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, bahwa proses pembelajaran di PAUD LabSchool Unnes sudah memakai produk teaching aids. Untuk TK B sudah mulai diperkenalkan pembelajaran menggunakan media dengan adanya kelas multimedia setiap seminggu sekali. Siswa lebih antusias dalam belajar dengan menggunakan multimedia dalam pembelajarannya namun belum ada program multimedia untuk tema tertentu jadi pembelajaran dengan media hanya dilakukan sekali seminggu. Perlu adanya pengembangan media untuk siswa agar pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan juga tetap ada interaksi antara guru dengan siswa sehingga tercipta suasana kelas yang interaktif dan menyenangkan. Mengantisipasi kendala tersebut dibutuhkan media pembelajaran teaching aids terbaru yang menarik dan bermanfaat. Salah satunya adalah Bahan Ajar Multimedia pada pokok bahasan perbedaan pasar tradisional dan pasar modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan Bahan Ajar Multimedia dan seberapa efektif pengembangan Bahan Ajar Multimedia tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan proses pengembangan menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan, merancang, membuat produk Bahan Ajar Multimedia, dan diterapkan di PAUD Labschool Unnes. Hasil penilaian keefektifan terhadap produk yang dihasilkan bahwa nilai-nilai pada distribusi t, bila dk=9, diperoleh dari dk n-1 = 10-1 = 9, untuk uji satu pihak dengan taraf kesalahan 5%, maka harga t-tabel 2,262. Bila harga t hitung jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka Ha yang menyatakan terdapat perbedaan efektivitas pada pembelajaran menggunakan Bahan Ajar Multimedia dapat diterima. Berdasarkan perhitungan, diperoleh t-hitung 10,064 yang jatuh pada penerimaan Ha yang berarti penolakan Ho. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat ada perbedaan signifikan pada efektivitas pembelajaran menggunakan Bahan Ajar Multimedia dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Multimedia, Pengembangan, Pokok Bahasan Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:03
Last Modified: 10 Nov 2015 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20715

Actions (login required)

View Item View Item