PENGARUH PRESTASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BUSINESS CENTRETERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMK PGRI TEGAL


Kristi Puspa Wardani, 7101410098 (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BUSINESS CENTRETERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMK PGRI TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410098-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi siswa untuk menjadi seorang wirausaha dipengaruhi oleh prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan keaktifan siswa dalam business centre. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana kondisi variabel prestasi belajar, lingkungan keluarga, keaktifan siswa dalam business centre, motivasi berwirausaha dan sebesar besar pengaruh prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan keaktifan siswa dalam business centre terhadap motivasi berwirausaha siswa baik secara parsial maupun simultan.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa yang terdiri dari kelas XI SMK PGRI Tegal, karena penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Variabel yang diteliti yaitu variabel prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan keaktifan siswa dalam business centre sebagai variabel bebas, dan motivasi berwirausaha siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 66,15, lingkungan keluarga dalam kategori baik dengan rata-rata skor sebesar 47,73, keaktifan siswa siswa dalam business centre dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 14,24 dan motivasiberwirausaha siswa dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 39,20. Uji regresi menunjukkan hasil uji parsial untuk prestasi belajar diperoleh thitungsebesar 2,287 dengan signifikansi 0,030 < 0,05, lingkungan keluarga diperoleh thitungsebesar 3,343 dengan signifikansi 0,001 < 0,05, keaktifan siswa dalam business centre diperoleh thitungsebesar 4,020 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 berarti H0ditolak dan Ha1, Ha2, Ha3diterima. Besarnya pengaruh secara parsial untuk variabel prestasi belajar sebesar 41,6%, lingkungan keluarga sebesar 44%, dan keaktifan siswa dalam business centre sebesar 45% secara simultan sebesar 63% selebihnya 37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan keaktifan siswa dalam business centre terhadap motivasi berwirausaha siswa baik secara parsial maupun simultan. Dari penelitian ini dapat dikemukakan saran yaitu: agar anak memiliki motivasi untuk berwirausaha, hendaknya sebagai guru mapel kewirausahaan dan orang tua memberikan dorongan kepada anak untuk menjadi seorang wirausaha, pihak sekolah, dan kondisi lingkungan keluarga juga diperhatikan karena dapat mempengaruhi motivasi anak untuk menjadi seorang wirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar,Lingkungan Keluarga, Keaktifan Siswa dalam Buisness Centre, MotivasiBerwirausaha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:01
Last Modified: 10 Nov 2015 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20714

Actions (login required)

View Item View Item