PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS IV SD


ZUNITA WAHYUNINGTYAS, 1401411454 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KELAS IV SD. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411454-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam keterampilan menulis pengumuman di kelas IV-A SDN Tambakaji 01 Semarang. Guru belum memberikan kesempatan siswa untuk berpikir, berdiskusi, dan menuliskan apa yang mereka dapat. Tujuan pembelajaran belum disampaikan secara jelas, pemberian penguatan juga belum terlaksana secara optimal. Siswa yang belum mencapai nilai dalam kriteria ketuntasan berjumlah 22 orang. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan media audio visual menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran keterampilan menulis pengumuman dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan Abdul Mutakdir tahun 2011 menunjukkan melalui penerapan think talk write kualitas pembelajaran semakin meningkat pada setiap siklusnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas IV-A SDN Tambakaji 01 Semarang dengan model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV-A SDN Tambakaji 01 Semarang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kulitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, nontes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 29 dengan kriteria baik, dan siklus III memperoleh skor 35 dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa siklus I rata-rata skor 24,63 kategori cukup, siklus II rata-rata skor 30 kategori baik, siklus III rata-rata skor 31,56 kategori baik; (3) keterangan klasikal siswa siklus I sebesar 65,63% belum tuntas, siklus II sebesar 81,25% belum tuntas, siklus III sebesar 93,75% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam keterampilan menulis pengumuman meningkat melalui penerapan model pembelajaran think talk write. Disarankan bagi guru untuk menerapkan model ini dalam pembelajaran keterampilan menulis pengumuman, karena terbukti model ini dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, keterampilan menulis, think talk write
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:01
Last Modified: 10 Nov 2015 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20713

Actions (login required)

View Item View Item