PERBEDAAN LATIHAN BACKHAND DRIVE TENIS MENGGUNAKAN FIXED TARGET DAN MOVING TARGET TERHADAP KEMAMPUAN BACKHAND DRIVE (Study Eksperimen Pada Anggota Putra UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2015)


M. Erika Rachman, 6301411116 (2015) PERBEDAAN LATIHAN BACKHAND DRIVE TENIS MENGGUNAKAN FIXED TARGET DAN MOVING TARGET TERHADAP KEMAMPUAN BACKHAND DRIVE (Study Eksperimen Pada Anggota Putra UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2015). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301411116-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian: 1) Apakah ada perbedaan latihan backhand drive tenis menggunakan fixed target dan moving target terhadap kemampuan backhand drive pada anggota putra UKM tenis UNNES tahun 2015 ?. 2) Jika ditemukan perbedaan manakah yang lebih baik antara latihan backhand drive tenis menggunakan fixed target dan moving target terhadap kemampuan backhand drive pada anggota putra UKM tenis UNNES tahun 2015 ?. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pola M-S atau matching by subject design. Penulis menggunakan Hewitt Tennis Achievement Test untuk mengetahui kemampuan backhand drive. Tes untuk mengukur drive ini memiliki tingkat validitas 0,63 dan tingkat reliabilitas 0,75. Data dianalisis dengan statistik uji t menggunakan rumus pendek dengan taraf signifikasi 5% dan d.b = n-1. Populasi pada penelitian ini adalah anggota putra UKM tenis UNNES tahun 2015. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling yang dilakukan dengan didasarkan atas adanya tujuan tertentu, sehingga yang dijadikan sampel berjumlah 12 orang. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu fixed target dan moving target serta satu variabel terikat yaitu kemampuan backhand drive. Hasil penelitian: Hasil uji post test untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t hitung = 3,22 > t tabel = 2,571 dengan taraf signifikasi 5% maka Ha ditolak dengan demikian dapat dijelaskan bahwa 1) Ada perbedaan antara latihan backhand drive menggunakan fixed target dan moving target terhadap kemampuan backhand drive. 2) Rata-rata hasil post test latihan backhand drive menggunakan fixed target dari kelompok eksperimen adalah 27,67, sedangkan yang menggunakan moving target dari kelompok kontrol yaitu 23,67, dengan demikian latihan menggunakan fixed target lebih baik dibandingkan latihan menggunakan moving target. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengajukan saran: 1) Meningkatkan kemampuan backhand drive tenis dapat menggunakan latihan fixed target sebagai variasi latihan untuk menghindari kejenuhan. 2) Bagi peneliti lain yang tertarik dengan penelitian sejenis, dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan refrensi dan diharapkan untuk dapat membandingkan variasi latihan fixed target dengan variasi latihan lain agar diperoleh informasi yang semakin tepat terkait dengan bentuk latihan yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan backhand drive bagi pemain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan, Fixed target dan Moving target, Backhand drive.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:01
Last Modified: 10 Nov 2015 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20712

Actions (login required)

View Item View Item