IMPLEMENTASI PENGOPTIMALAN BIAYA TRANSPORTASI DENGAN NORTH WEST CORNER METHOD (NWCM) DAN STEPPING STONE METHOD (SSM) UNTUK DISTRIBUSI RASKIN PADA PERUM BULOG SUB DIVRE SEMARANG


Nur Laely Fatimah , 5302411032 (2015) IMPLEMENTASI PENGOPTIMALAN BIAYA TRANSPORTASI DENGAN NORTH WEST CORNER METHOD (NWCM) DAN STEPPING STONE METHOD (SSM) UNTUK DISTRIBUSI RASKIN PADA PERUM BULOG SUB DIVRE SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411032-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Model optimasi merupakan salah satu model analisis sistem yang diidentikkan dengan operation research. Model transportasi berkaitan dengan penentuan rencana biaya terendah untuk mengirimkan satu barang dari sejumlah sumber ke sejumlah tujuan. Prinsip kerja metode NWCM ialah pemberian prioritas pengalokasian dari pojok kiri atas matriks transportasi. SSM merupakan merupakan langkah lanjutan dari NWCM untuk mendapatkan solusi optimal yaitu total biaya terendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan menerapkan NWCM dan SSM pada perhitungan biaya transportasi Perum Bulog Sub Divre Semarang. Program NWCM dan SSM yang dikembangkan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall model. Uji coba yang digunakan yaitu uji keberfungsian program menggunakan uji black box, Uji perbandingan biaya optimal program NWCM dan SSM dengan program QM for Windows, dan uji optimalitas biaya dengan program yang dibuat pada Perum Bulog Sub Divre Semarang pada bulan Februari 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan biaya optimal antara perhitungan program NWCM dan SSM dengan QM for Windows pada grafik. Program ini juga membuktikan bahwa dengan menggunakan NWCM dan SSM, biaya yang didapatkan lebih optimal dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan oleh Perum Bulog Sub Divre Semarang bulan Februari 2015 dan dapat menghemat biaya sebesar Rp 19.265.088,- atau 1.68%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biaya terendah, Northwest corner method (NWCM), Stepping Stone Method (SSM), Distribusi
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:01
Last Modified: 10 Nov 2015 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20709

Actions (login required)

View Item View Item