PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS TERHADAP PEROLEHAN SHUANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) FAJAR BARU KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


Endah Wulan Rizkiana, 7101410087 (2015) PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS TERHADAP PEROLEHAN SHUANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) FAJAR BARU KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410087-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perolehan SHU anggota berasal dari modal dan transaksi usaha yang dilakukan oleh anggota sendiri.Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi perolehan SHU adalah partisipasi anggota dan kemampuan manajerial pengurus.Masalah dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal menunjukan perolehan SHU anggota KPRI Fajar Baru turun terus menerus dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2012.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggota dan kemampuan manajerial pengurus terhadap perolehan SHU anggota KPRI Fajar Baru Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KPRI Fajar Baru yang berjumlah 218 orang. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan perhitungan Slovin. Metode yang pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi dan angket atau kuesioner.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi berganda menggunakan uji t dan uji F.Analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa partisipasi anggota berada dalam kategori aktif dan kemampuan manajerial pengurus berada dalam kategori baik. Hasil penelitian menujukkan bahwa partisipasi anggota dan kemampuan manajerial pengurus secara simultan berpengaruh terhadap perolehan SHU. Secara parsial partisipasi anggota berpengaruh terhadap perolehan SHU. Sedangkan kemampuan manajerial pengurus secara parsial berpengaruh terhadap perolehan SHU.Simpulan penelitian ini bahwa partisipasi anggota dan kemampuan manajerial pengurus berpengaruh terhadap perolehan SHU anggota KPRI Fajar Baru. Saran yang dapat diberikan adalah partisipasi anggota harus dipertahankan predikat baiknya. Untuk kemampuan manajerial pengurus harus dijaga predikat baiknya dan diharapkan melakukan pelatihan pengurus koperasi supaya meningkatkan sumber daya manusianya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggota, Kemampuan Manajerial Pengurus, dan Perolehan SHU.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:57
Last Modified: 10 Nov 2015 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item