PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI SEMARANG


Muhammad Khoiruddin, 1401411453 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411453-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permendiknas RI no. 22 tahun 2006 menjelaskan IPS merupakan mata pelajaran yang diajarkan sejak sekolah dasar sampai menengah. Namun pelaksanaan KTSP IPS yang diberlakukan sejak 2006 menimbulkan berbagai permasalahan, hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan Depdiknas (2007), seperti yang ditemukan di kelas IV SDN Mangunsari Semarang. Berdasarkan hasil refleksi awal dengan tim kolaboratif peneliti menemukan permasalahan hasil belajar IPS belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 68. Hasil belajar belum maksimal disebabkan guru belum variatif dalam menggunakan model serta media untuk menyampaikan materi dan siswa belum aktif dalam kegiatan pembelajaran, ditunjukkan data dari 24 siswa hanya 8 siswa (33%) yang tuntas dan 16 siswa (67%) belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan model Think Pair Share berbantuan media grafis. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan model Think Pair Share berbantuan media grafis pada siswa kelas IV SDN Mangunsari Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan model Think Pair Share berbantuan media grafis pada siswa kelas IV SDN Mangunsari Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dipadukan dengan pendekatan scientific dan setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IV SDN Mangunsari sejumlah 24. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan, dianalis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 28 kategori baik, siklus II 32 kategori baik, dan siklus III 37 kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 27,29 kategori baik, siklus II 29,46 kategori baik, dan siklus III 36,04 kategori sangat baik, sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 54%, siklus II 67%, dan siklus III 92%. Simpulan penelitian ini; dengan menerapkan model Think Pair Share berbantuan media grafis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV SDN Mangunsari Semarang. Saran bagi guru; model Think Pair Share berbantuan media grafis dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: grafis; kualitas pembelajaran IPS; Think Pair Share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:57
Last Modified: 10 Nov 2015 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20707

Actions (login required)

View Item View Item