KESIAPAN SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL
FANDI WIBOWO , 1102411082 (2015) KESIAPAN SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengangkat tentang kesiapan sekolah dalam melaksanakan kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Kota Tegal. Secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur tingkat kesiapan sekolah dalam melaksanakan kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei bersifat deskriptif dengan teknik analisis data deskriptif persentase. Metode penelitian survei deskriptif dapat diartikan sebagai suatu cara yang digunakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan secara faktual, baik tentang institusi sosial, ekonomi atau politik dari suatu kelompok atau suatu daerah mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesiapan sekolah dalam melaksanakan kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Kota Tegal adalah sebagai berikut: 1) Kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik melihat dari hasil persentase yang tinggi yaitu 73%. 2) Kesiapan siswa dalam melaksanakan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik melihat dari hasil persentase yang tinggi yaitu 80%. 3) Kesiapan sarana prasarana dalam melaksanakan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik melihat dari hasil persentase yang sangat tinggi yaitu 90%. 4) Kesiapan kepala sekolah dalam melaksanakan kurikulum 2013. sudah berjalan dengan baik melihat dari hasil persentase yang tinggi yaitu 78%. 5) Kesiapan buku guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik melihat dari hasil persentase yang sangat tinggi yaitu 86%. 6) Kesiapan buku siswa dalam melaksanakan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik melihat dari hasil persentase yang tinggi yaitu 82%. Sebagai bahan perbaikan dan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah untuk lebih meningkatkan akan aspek-aspek yang berhubungan dengan kurikulum 2013 baik dari segi kesiapan guru, siswa, sarana prasarana, kepala sekolah serta buku guru dan buku siswa di SMA Negeri 4 Kota Tegal, hal ini bertujuan agar sekolah lebih siap dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan dengan menggunakan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Sekolah, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 17:53 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 17:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20704 |
Actions (login required)
View Item |