EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 2 SEMARANG


Armay Twin Rosetanty, 5302411035 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411035-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran TIK adalah salah satu mata pelajaran yang apabila tanpa adanya praktikum kurang lengkap. Namun siswa juga kurang semangat dengan teori TIK. Tujuan penelitian ini untuk memaksimalkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses dan hasil belajar TIK melalui model pembelajaran TAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan posttest only kontrol group design. Teknik pengambilan sampel dengan sampling insidental, yaitu kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Data awal dari nilai UTS semester genap kelas VIII yang sebelumnya dianalisis dan berdistribusi normal serta mempunyai varians yang sama. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, diantaranya faktor keadaan fisik dan psikis siswa, yang ditunjukkan oleh kecerdasan, kesehatan, motivasi, ketekunan, ketelitian, keuletan, dan minat. Faktor kapasitas guru yang mengajar dan membimbing siswa, seperti latar belakang pendidikan, penguasaan keilmuan, dan kemampuan mengajar. Faktor sarana pendidikan, yaitu ruang tempat belajar, alat-alat belajar, media yang digunakan guru, dan buku sumber belajar. Hasil belajar siswa kelas eksperimen melebihi KKM dan lebih tinggi dari kelas kontrol pada materi menjelaskan fungsi menu dan ikon Microsoft Excel 2007, sehingga penerapan model pembelajaran TAI sangat efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, TAI (Team Assisted Individualizations), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:53
Last Modified: 10 Nov 2015 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20703

Actions (login required)

View Item View Item