PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VB MI AL IMAN BANARAN SEMARANG


RIZQI HARISNAWATI, 1401411450 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VB MI AL IMAN BANARAN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411450-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diiberikan pada siswa yang bertujuan mengarahkan siswa menjadi warga negara yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta damai. Data observasi awal pelaksanaan pembelajaran IPS di MI Al Iman Banaran Semarang menunjukkan beberapa permasalahan. Guru kurang berinteraksi dengan siswa, siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 10,71%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model TTW berbantuan media audio visual pada siswa kelas VB MI Al Iman Banaran Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model TTW berbantuan media audio visual pada siswa kelas VB MI Al Iman Banaran Semarang serta mendeskripsikan peningktan keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model TTW berbantuan media audio visual pada siswa kelas VB MI Al Iman Banaran Semarang Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas VB MI Al Iman Banaran Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 kriteria cukup, siklus II mendapatkan skor 34 kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 43 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 23,66 kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan skor 30,55 kriteria baik. Pada siklus III aktivitas siswa memperoleh skor 36,19 kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 48%, sedangkan siklus II ketuntasan meningkat menjadi 74%, kemudian siklus III ketuntasan belajar mencapai 89%. Simpulan dari penelitian ini adalah model TTW berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VB MI Al Iman Banaran Semarang. Saran yang diberikan yaitu model TTW berbantuan media Audio Visual dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual; IPS; Kualitas; Pembelajaran; Think Talk Write;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:52
Last Modified: 10 Nov 2015 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20701

Actions (login required)

View Item View Item