PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SIMPATHI DI SMP N 1 COMAL TAHUN 2013/2014


Ary Sandi Raharjo, 7101410054 (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SIMPATHI DI SMP N 1 COMAL TAHUN 2013/2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410054-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi menunjukan bahwa partisipasi anggota koperasiSimpathi SMP N 1 Comal mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara bersama-sama antara kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha terhadap partisipasi anggota, pengaruh kualitas pelayananterhadap partisipasi anggotadan pengaruhpengelolaan usahaterhadap partisipasi anggota koperasi Simpathi di SMP N 1 Comal tahun 2013/2014.Penelitian ini termasukpenelitian sampel dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data yaitu angket atau kuesionerdan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskripsi presentase, regresi berganda, uji F, uji t, koefisien determinasi simultan(R2) dan koefisien determinasi parsial (r2).Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara kualitas pelayanan dan pengelolaan usahasebesar 31,5%. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap partisipasi anggotasebesar 30,80%. Pengelolaan usahaberpengaruh terhadap partisipasi anggotasebesar 5,71%.Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh kualitas pelayanan dan pengelolaan usahaterhadap prestasi partisipasi anggota koperasi Simpathi di SMP N 1 Comal tahun2013/2014. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah hendaknya anggota koperasi lebih berpartisipasi aktif dalam berkoperasi sehingga dapat memajukan koperasi Simpathi, hendaknya pengurus koperasi lebih meningkatkan kualitas pelayanan dalam melayani anggota koperasi agar anggota lebih bisa berpartisipasi secara aktif demi kemajuan koperasi Simpathi, hendaknya pengurus koperasi lebih meningkatkan pengelolaan usaha koperasi agar anggota lebih tertarik untuk melakukan transaksi di koperasi. Dengan adanya hal tersebut maka partisipasi anggota akan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pengelolaan Usaha, Partisipasi Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:47
Last Modified: 10 Nov 2015 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20696

Actions (login required)

View Item View Item