PENGELOLAAN KURIKULUM 2013 DI TK NEGERI PEMBINA SEMARANG


Nurul Kusumaning Ayu , 1102411069 (2015) PENGELOLAAN KURIKULUM 2013 DI TK NEGERI PEMBINA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411069-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pengembangan serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pengembangan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pengelolaan kurikulum pada anak usia dini disusun berdasarkan tingkat perkembangan usia anak. Pada TK Negeri Pembina kurikulum disusun dengan mengusung nilai budaya sebagai dasar untuk pengembangan dan penanaman karakter peserta didik. Penerapan model pembelajaran berpusat pada minat anak dengan system area. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengamati, mendiskripsikan, dan menganalisis: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Semarang; (2) Bagaimana pengorganisasian kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Semarang; (3) Bagaimana pelaksanaan kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Semarang; (4) Bagaimana pengawasan kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Semarang; (5) Bagaimana evaluasi kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis data kontekstual meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian pada pengelolaan kurikulum TK Negeri Pembina Semarang adalah: Pada manajemen kurikulum 2013 di TK Negeri Semarang disusun berdasarkan kondisi aktual sekolah dan potensi yang dimiliki siswa. Pengelolaan kurikulum 2013 di TK Negeri Pembina seluruh tahapannya dilaksanakan dengan baik, dilihat dari realisasi rencana kegiatan yang disusun dapat diwujudkan secara efektif dan efisien. Evaluasi pengelolaan kurikulum yang menitik beratkan pada evaluasi pengelolaan program yang terdiri dari evaluasi rencana, evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran. Saran : pada perencanaan kelengkapan dokument seperti document kurikulum, STTPA, Porsem RKM, RKH dilengkapi. Menggunaan media dalam pembelajaranpun perlu dikembangkan. Evaluasi selama proses pelaksanaan kurikulum hendaknya dilakukan secara rutin, terkadang program-program yang sudah direncanakan tidak bisa berjalan semestinya sehingga diperlukan evaluasi ketika proses pembelajaran sedang berjalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013, anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:48
Last Modified: 10 Nov 2015 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20694

Actions (login required)

View Item View Item