HUBUNGAN ANTARA KETEBALAN LEMAK TUBUH DENGAN KONDISI FISIK ATLET KARATE PELAJAR PUTRA INSTITUTE KARATE-DO INDONESIA CABANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015


Prama Ramadani Putranto, 6301411128 (2015) HUBUNGAN ANTARA KETEBALAN LEMAK TUBUH DENGAN KONDISI FISIK ATLET KARATE PELAJAR PUTRA INSTITUTE KARATE-DO INDONESIA CABANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301411128-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubunganantara ketebalan lemak tubuh dengan kondisi fisik atlet pelajar putra Institute Karate-do Indonesia Kabupaten Semarang tahun 2015?”. Tujuan penelitian adalah : “Untuk mendapatkan informasi mengenai hubunganantara ketebalan lemak tubuh dengan kondisi fisik atlet karate pelajar putra Institute Karate-do Indonesia cabang Kabupaten Semarang tahun 2015” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan “One-Shot” model, yaitu model pendekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data pada, “ suatu saat”. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota INKAI Kab.Semarang pelajar SD, SMP, dan SMA serta berjenis kelamin laki – laki dan perempuan berjumlah 170 atlet. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria usia pelajar 14 – 17 tahun, berjenis kelamin laki – laki, dan sudah menyandang sabuk hijau, biru, cokelat, dan hitam dengan jumlah 20 atlet. Variabel dalam penelitian ini yaitu ketebalan lemak tubuh sebagai variabel terikat, sertakondisi fisik atlet karate pelajar putra Institute Karate-do Indonesia sebagai variabel bebas. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Metode analisis data menggunakan software SPSS 16.0. Hasil penelitian dengan regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi0.254 = 25.4%> 5%, artinya tidak ada hubungan antara ketebalan lemak tubuh dengan kondisi fisik secara keseluruhan pada atlet pelajar putra Institute Karate-do Indonesia cabang Kabupaten Semarang tahun 2015. Kesimpulan, tidak ada hubungan antara ketebalan lemak tubuh dengan keseimbangan, kelentukan, kekuatan, daya tahan kardiorespiratori, daya tahan otot lokal, kecepatan, dan kondisi fisik secara keseluruhan. Ada hubungan antara ketebalan lemak tubuh dengan daya ledak dan kelincahan. Saran, Sebagai upaya pembinaan dan peningkatan prestasi, perlu diadakan lebih lanjut mengenai penelitian ini, karena harus disadari bahwa tidak semua permasalahan dapat diselesaikan secara tuntas dan menyeluruh. Saling melengkapi untuk suatu kebaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KARATE
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:45
Last Modified: 10 Nov 2015 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20693

Actions (login required)

View Item View Item