PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR MENTAL ARITMATIKA DENGAN SEMPOA BERBASIS ANDROID UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR


Nurul Khoiriyah, 5302411051 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR MENTAL ARITMATIKA DENGAN SEMPOA BERBASIS ANDROID UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411051-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dibidang teknologi merambah ke dunia pendidikan. Gadget atau smartphone adalah salah satu teknologi yang dapat dijadikan sebagai sebuah media pembelajaran, tentunya dengan aplikasi yang dapat menambah kemampuan bidang kognitif dari anak. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak usia sekolah dasar saat ini akan lebih suka bermain gadget atau smartphone daripada belajar atau membaca buku. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa anak, khususnya anak kelas II sekolah dasar belum mencapai tingkat belajar yang maksimal pada bidang matematika yang terlihat rata-rata nilai aritmatika belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sebuah perangkat ajar mental aritmatika berbasis android yang disesuaikan dengan kurikulum pada kelas II sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah research and development (R & D) untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran yaitu produk perangkat lunak sempoa berbasis android dengan prosedur penelitian sebagai berikut : (1) tahap study penelitian; (2) tahap study pengembangan; dan (3) tahap evaluasi. Hasil dari penelitian adalah sebuah produk berbentuk aplikasi sempoa berbasis android dan tutorial penggunaan produk dengan tingkat kelayakan produk dalam kategori baik. Kategori tersebut didapatkan dari presentase kelayakan validator ahli materi : sebesar 86,67 % untuk kesesuaian media, 80% untuk kemampuan media, 85 % untuk ketepatan media dan 85% untuk kemudahan media, sedangkan dari validator ahli media : 85 % untuk kemudahan media, 77,5 % untuk tampilan media, 83,3 % untuk tulisan pada media, 86 % untuk kemampuan media dan 83,3 % untuk kualitas media. Hasil evaluasi produk dengan cara penggunaan produk dalam pembelajaran siswa kelas II sekolah dasar menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pretest(66,30) dan postest(74,78) sebesar 8,48 dengan pengurangan waktu pengerjaan 10 menit. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah pengembangan produk untuk aritmatika penjumlahan dan pengurangan lebih dari dua buah bilangan serta mencakup aritmatika perkalian dan pembagian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sempoa, aritmatika, mental aritmatika, android, research and development.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:42
Last Modified: 10 Nov 2015 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20692

Actions (login required)

View Item View Item