EVALUASI IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN AUTENTIK DALAM PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 BANYUDONO


Annisa Wulandari , 1102411062 (2015) EVALUASI IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN AUTENTIK DALAM PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 BANYUDONO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411062-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 telah berjalan selama dua tahun ajaran. Kurikulum yang menekankan penilaian autentik (authentic assesment) sebagai model penilaian ini tentu memiliki tantangan dan permasalahan terutama bagi guru yang secara langsung mengimplementasikan kurikulum tersebut, untuk itu peneliti mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi model penilaian autentik dalam penilaian kurikulum 2013 dilihat dari aspek kesiapan, perencanaan, dan pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Stake. Model penelitian ini diperoleh karena peneliti ingin mengetahui pelaksanaan penilaian dari sudut kesiapan, perencanaan, dan pelaksanaan. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Banyudono dengan jumlah sampel sebanyak 33 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model penilaian autentik dalam penilaian kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Banyudono adalah sebagai berikut: persentase evaluasi terhadap kesiapan penilaian menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata 88,61%, persentase evaluasi terhadap perencanaan penilaian menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata 89,26%, dan persentase evaluasi terhadap pelaksanaan penilaian menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata 88,12%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan implementasi model penilaian autentik dalam penilaian kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Banyudono termasuk dalam kategori baik dengan perolehan persentase rata-rata 88,66%. Berdasarkan hasil penelitian, sebagai bahan perbaikan dalam implementasi kurikulum 2013 selanjutnya, saran yang dapat diberikan hendaknya guru merencanakan teknik penilaian dengan baik dan prosedur penilaian yang tepat sehingga memenuhi kriteria penilaian autentik dan sesuai dengan standar kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:40
Last Modified: 10 Nov 2015 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20690

Actions (login required)

View Item View Item