PENGARUH PRINSIP KEADILAN, TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ANGGARAN TERHADAP PRODUKTIVITAS SEKOLAH (Persepsi GuruSMP N 3 Mertoyudan Magelang)


M. Hidayat Dwi Setyawan, 7101410051 (2015) PENGARUH PRINSIP KEADILAN, TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ANGGARAN TERHADAP PRODUKTIVITAS SEKOLAH (Persepsi GuruSMP N 3 Mertoyudan Magelang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410051-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Produktivitas merupakan salah satu komponen untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan observasi awal, data hasil ujian nasional yang diperoleh dari dinas pendidikan menunjukan bahwa SMP N 3 Mertoyudan Magelang merupakan sekolah negeri dengan peringkat paling rendah.Selain itu, tingkat transparansi sekolah masih belum dapat dikatakan baik karena tidak semua masyarakat memperoleh laporan penggunaan dana APBS.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif prinsip keadilan, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan anggaransecara simultan maupun parsial terhadap produktivitas sekolah dengan SMP N 3 Mertoyudan Magelang sebagai objek penelitian.Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP N 3 Mertoyudan Magelang dengan jumlah 31 guru, dan menggunakan sampel jenuh karena semua anggota populasi menjadi sampel. Tahapan prosedur dari penelitian iniyaitu pengumpulan datamenggunakan angket dan wawancara, pengolahan data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik inferensial, serta penginterpretasian data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan prinsip keadilan, transparansi, dan akuntabilitasberpengaruhterhadap produktivitas sekolah sebesar 75,9%. Sedangkan secara parsial prinsip keadilan berpengaruhsebesar 22,09%,transparansi berpengaruhsebesar 18,23%, dan akuntabilitas berpengaruhsebesar 16,89% terhadap produktivitas sekolah.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh prinsip keadilan, transparansi, akuntabilitas pengelolaan anggaran terhadap produktivitas sekolah baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah sekolah diharapkan dapat melaksanakan prinsip-prinsippengelolaan anggaranpendidikan dalam mengelola keuangan sekolah; mewujudkan prinsip keadilan, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan sekolah untuk meningkatkan kepercayaan publik; serta, penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperbanyak ruang lingkup sampel yang tidak hanya satu sekolah, tapi dalam cakupan yang lebih luas untuk pemetaan daerah dengan tingkat produktivitasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas Sekolah, Prinsip Keadilan, Transparansi, Akuntabilitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:41
Last Modified: 10 Nov 2015 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item