PENGARUH LATIHAN DRIBBLE MENGGUNAKAN SATU KAKI DOMINAN DAN DUA KAKI BERGANTIAN TERHADAP KECEPATAN DRIBBLING PADA SISWA SSB TUNAS MUDA NGROTO TAHUN 2015


Muhammad In’aam, 6301411136 (2015) PENGARUH LATIHAN DRIBBLE MENGGUNAKAN SATU KAKI DOMINAN DAN DUA KAKI BERGANTIAN TERHADAP KECEPATAN DRIBBLING PADA SISWA SSB TUNAS MUDA NGROTO TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301411136-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kecepatan dribbling pada siswa ssb tunas muda ngroto tahun 2015. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh latihan dribble menggunakan satu kaki dominan dan latihan dribble menggunakan dua kaki bergantian terhadap kecepatan dribbling bola pada siswa ssb tunas muda ngroto tahun 2015,dan manakah yang memberikan pengaruh yang lebih baik antara dribble menggunakan satu kaki dominan dan dua kaki bergantian terhadap kecepatan dribbling bola. Metode penelitian dengan eksperimen pola M-S atau macthing by subjek design. Populasi penelitian ini adalah siswa SSB TUNAS MUDA Ngroto usia 14 tahun 2015, sampel penelitian sejumlah 20 orang dengan teknik purposive sample. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu dribble menggunakan satu kaki dominan dan dribble menggunakan dua kaki bergantian serta satu variabel terikat yaitu kecepatan dribbling bola. Instrumen tes menggunakan tes kecepatan dribbling. Analisis data menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikasi 5% dan db= n-1. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh latihan latihan dribble menggunakan satu kaki dominan terhadap kecepatan dribbling dalam permainan sepakbola, karena thitung (4.518)> ttabel(2.262). (2) Ada pengaruh latihan dribble menggunakan dua kaki bergantian terhadap kecepatan dribbling pada permainan sepakbola, karena thitung (10.333) > ttabel(2.262). (3) Tidak ada pengaruh antara latihan dribble menggunakan satu kaki dominan dan dua kaki bergantian terhadap kecepatan dribbling bola, karena thitung (1.550) < ttabel (2.262). Namun, hasil mean latihan dribble dua kaki (72.958) menunjukkan hasil yang lebih baik daripada satu kaki yaitu rata rata satu kaki (67.221). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh Latihan dribble menggunakan satu kaki dominan terhadap kecepatan dribbling pada siswa SSB Tunas Muda Ngroto Tahun 2015. (2) Terdapat pengaruh latihan dribble menggunakan dua kaki bergantian terhadap kecepatan dribbling pada siswa SSB Tunas Muda Ngroto Tahun 2015. (3) Latihan dribble menggunakan dua kaki bergantian lebih baik dari pada dribble menggunakan satu kaki dominan terhadap kecepatan dribbling pada siswa SSB Tunas Muda Ngroto Tahun 2015. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi pelatih dalam melatih kemampuan mendribbling bola hendaknya selalu memberikan variasi latihan, diantaranya dapat memberikan latihan dribble menggunakan satu kaki dominan dan dua kaki secara bergantian. (2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk membandingkan metode latihan dribble menggunakan satu kaki dominan dan dua kaki bergantian dengan metode lain agar diperoleh informasi yang semakin luas dan tepat terkait bentuk latihan yang paling efektif untuk meningkatkan kecepatan dribbling dalam permainan sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dribble satu kaki dominan, Dribble dua kaki bergantian, kecepatan.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:39
Last Modified: 10 Nov 2015 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item