PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT KERAS KOMPUTER MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA V-SCRAP PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 SAWANGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Hanifa Larasati , 5302411053 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT KERAS KOMPUTER MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA V-SCRAP PADA SISWA KELAS VIIB SMP N 2 SAWANGAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411053-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengidentifikasi perangkat keras komputer merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas VIIB SMP N 2 Sawangan tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan dan perubahan tingkah laku siswa kelas VIIB SMP N 2 Sawangan saat pembelajaran mengidentifikasi perangkat keras komputer menggunakan pendektan kontekstual dan media V-Scrap. Subjek penelitian ini adalah keterampilan mengidentifikasi perangkat keras komputer pada siswa kelas VIIB SMP N 2 Sawangan, yang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik nontes yang terdiri dari observasi, wawancara, catatan harian (catatan guru dan catatan siswa), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh, nilai rata-rata siswa pada pretest sebesar 68,50; posttest I sebesar 71,71 dan posttest II sebesar 78,12. Hasil nontes menunjukkan perubahan tingkah laku siswa kelas VIIB SMP N 2 Sawangan keranah positif. Simpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan keterampilan dan perubahan tingkah laku pada siswa kelas VIIB SMP N 2 Sawangan saat pembelajaran mengidentifikasi perangkat keras komputer menggunakan pendekatan kontekstual dan media V-Scrap. Saran yang dianjurkan adalah penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan untuk melakukan penelitian yang lain dengan media pembelajaran yang berbeda, sehingga didapatkan berbagai alternatif media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan mengidentifikasi, perangkat keras komputer, pendekatan kontekstual, media V-Scrap.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:38
Last Modified: 10 Nov 2015 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20687

Actions (login required)

View Item View Item