SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN LABORATORIUM KOMPUTER SMP DAN SMA NEGERI UNTUK UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN SUKOREJO


Wakhidatul Fauziah , 5302411055 (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN LABORATORIUM KOMPUTER SMP DAN SMA NEGERI UNTUK UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN SUKOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411055-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMP dan SMA Negeri di Kecamatan Sukorejo mendapat bantuan operasional pendidikan dari pemerintah terutama sarana laboratorium komputer, sehingga UPTD Pendidikan melaporkan perkembangannya ke pemerintah pusat. Pembuatan laporan kelayakan laboratorium komputer sekolah untuk pemerintah, masih bersifat manual dan subyektif, sehingga keputusan yang dibuat kurang sesuai dengan keadaan di lapangan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah sebuah terciptanya sistem pendukung keputusan yang dapat memudahkan dan mempercepat pembuatan laporan UPTD Pendidikan ke pemerintah pusat tentang kelayakan laboratorium komputer sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu SMP dan SMA Negeri, karena sekolah negeri yang mendapat bantuan operasional pendidikan dari pemerintah terutama sarana laboratorium komputer. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model sekuensial linier, atau biasa disebut model air terjun (waterfall), disebut demikian karena kemajuan suatu sistem dipandang sebagai suatu hal yang terus mengalir ke bawah (seperti air terjun). Sistem dirancang dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang akan bekerja untuk menentukan kelayakan laboratorium komputer SMP dan SMA Negeri. Analisis data yaitu dengan cara menganalisa angket pengujian sistem yang digunakan dalam penelitian. Hasilnya adalah dari ahli dengan hasil 88,67% (Sangat Setuju), admin dengan hasil 90% (Sangat Setuju), pengunjung dengan hasil 86,23% (Sangat Setuju), dan pengujian blackbox yang semua hasilnya adalah valid. Sistem yang dibangun dapat membantu menyelesaikan dan mempercepat laporan kelayakan laboratorium komputer UPTD Pendidikan Kecamatan Sukorejo kepada pemerintah pusat. Sebelumnya dengan cara manual membutuhkan waktu lama dan subjektif, tapi dengan adanya sistem pendukung keputusan ini, pembuatan laporan lebih cepat, tepat, dan akurat. Selain berfungsi sebagai sistem pendukung keputusan juga berfungsi sebagai sistem informasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: UPTD, Waterfal, Simple Additive Weighting.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:34
Last Modified: 10 Nov 2015 17:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20684

Actions (login required)

View Item View Item