PERSEPSI MAHASISWA DALAM IMPLEMENTASI E-LEARNING MENGGUNAKAN WEB DI JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Johan Widagdo, 1102411060 (2015) PERSEPSI MAHASISWA DALAM IMPLEMENTASI E-LEARNING MENGGUNAKAN WEB DI JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411060-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Web salah satu kompetensinya mengkaji dan menerapkan pembelajaran online berbasis web. Selanjutnya pada Mata Kuliah Pengembangan e-Learning bekerjasama dengan sekolah membuat e-Learning berbasis Learning Management System serta mengadakan pelatihan kepada pendidik, peserta didik, dan administrator. Mengingat tugas Pengembang Teknologi Pendidikan tersebut seharusnya yang bersangkutan telah mengetahui dan memahami konsep e-Learning. Akan tetapi saat pelatihan ada beberapa mahasiswa yang belum kompeten dalam memberikan arahan pada peserta pelatihan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana perkuliahan pembelajaran berbasis Web pada pokok bahasan mengkaji Learning Management System dan penerapan pembelajaran online berbasis web, (2) bagaimana dosen Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Web melakukan pembinaan dalam implementasi pembelajaran online menggunakan web guna memanfaatkannya dalam proses pembelajaran, (3) bagaimana persepsi mahasiswa tentang model pembelajaran berbasis web dalam mengimplementasikan e-Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling yang ditunjukkan pada beberapa mahasiswa dan dosen pengampu Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Web. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode dengan analisis data mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Temuan penelitian ini yaitu Pertama pembinaan dilakukan dosen melalui penugasan individu sehingga diharapkan calon teknolog pendidikan mampu menguasai konsep, perencanaan, dan pengimplementasian pembelajaran menggunakan web. Kedua proses perkuliahan pembelajaran berbasis web menggunakan metode demo tutorial dan praktikum, dimana dosen aktif memberikan tutorial dan mahasiswa aktif mempraktikkannya. Layaknya suasana workshop, diamana mahasiswa aktif berinteraksi dengan dosen dalam pengerjaan produk web. Ketiga sebagian besar mahasiswa lebih banyak memilih dan mempersepsikan bahwa pembelajaran yang memerlukan pemikiran dan gambaran praktik jauh lebih maksimal mendukung proses pembelajaran eLearning menggunakan web. Simpulan penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap implementasi e-Learning menyatakan pemanfaatannya akan mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan kepada dosen pengampu Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Web hendaknya memilih proyek yang menarik dan menantang sehingga simulasi pembelajaran memperhatikan unsur metode dan media yang menarik sehingga perkuliahan dapat berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Implementasi e-Learning, e-Learning Menggunakan Web
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:35
Last Modified: 10 Nov 2015 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20683

Actions (login required)

View Item View Item