PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJARTERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI AKUNTANSISISWA KELAS XI IPS DI SMA N 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Aziiz Fathoni, 7101410044 (2015) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJARTERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI AKUNTANSISISWA KELAS XI IPS DI SMA N 2 REMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410044-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolok ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang dalam masing-masing mata pelajaran yang diajarkan, tak terkecuali mata pelajaran ekonomi akuntansi. Berdasarkan hasil observasi awal, nilai ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Rembang pada semester genap tahun ajaran 20014/2015menunjukkan bahwamasih sedikit siswa yang belumtuntas dalam perolehan nilai mata pelajaran ekonomi akuntansi yaitu hanya sebesar35,65%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh positif cara belajar, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajarekonomi akuntasisiswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Rembangbaik secara simultan maupun parsial. Populasi berjumlah 136siswakelas XI IPS di SMANegeri 2 Rembang. Sampel yang diambil adalah 101siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Rembang.Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data meliputi analisis deskriptifdananalisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan cara belajar, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Rembangsebesar 63,1%. Sedangkan secara parsial perhatian orang tuaberpengaruh positif sebesar 17,6%, kemandirian belajar berpengaruh positif sebesar 5,2% dan fasilitas belajarberpengaruh positif sebesar 7,5% terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Rembang.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif perhatian orang tua, kemandirian belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2014/2015baik secara simultan maupun parsial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:34
Last Modified: 10 Nov 2015 17:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20682

Actions (login required)

View Item View Item