IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 6 MAGELANG


Erlinawati, 1102411054 (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP N 6 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411054-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum adalah usaha bersama antara pemerintah dengan pemerintah daerah propinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota dalam rangka implementasi perangkat kurikulum yang ditentukan pemerintah. Inti dari Kurikulum 2013 ada pada upaya penyederhanaan dan tematik-integratif dimana mata pelajaran seperti mata pelajaran IPS sebagai mata pelajaran terpadu merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial, menyebabkan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 khususnya guru IPS harus kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Penilaian pada Kurikulum 2013 menggunakan penilaian autentik dimana guru harus mampu menggambarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan apa yang sudah atau belum dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran IPS kelas VII di SMP N 6 Magelang dilihat dari proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hasil belajar siswa, dan kendala yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran IPS kelas VII di SMP N 6 Magelang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi, (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru belum menyiapkan RPP berbasis Kurikulum 2013 tahun ajaran 2015/2016, namun dalam pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran guru sudah mengajar dengan baik, dan siswa mampu menyerap dengan baik materi yang disampaikan guru, (2) proses pelaksanaan pembelajaran sudah menggunakan pendekatan saintifik. (3) secara keseluruhan dalam hal evaluasi hasil belajar siswa guru mampu merancang rambu-rambu penilaian yang akan digunakan untuk menilai keberhasilan belajar kemampuan siswa dalam segi sikap, pengetahuan dan keterampilan. (4) kendala yakni waktu dan kemauan dari guru yang masih kurang dalam menyusun RPP, media pembelajaran yang belum memadai, dan guru masih kurang paham mengenai penilaian berbasis Kurikulum 2013. Saran yang dapat peneliti berikan yakni guru perlu menyusun RPP sesuai Kurikulum 2013 tepat waktu, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara sistematis, Pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi Kurikulum 2013 khususnya berkenaan dengan penilaian berbasis Kurikulum 2013, dan buku guru dan siswa harus segera didistribusikan agar pembelajaran berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi, kurikulum 2013, mata pelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:29
Last Modified: 10 Nov 2015 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20678

Actions (login required)

View Item View Item